ANALISIS HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN

Andhy Wyllianto, FA. Luky Primantari

Abstract


Jalan Lawu adalah salah satu  ruas jalan di kabupaten Karanganyar. Sepanjang ruas jalan lawu, di beberapa tempat tidak sama lebarnya. Hal tersebut menimbulkan permasalahan baru akibat kapasitas jalan yang berbeda-beda serta kondisi hambatan di sepanjang jalan yang berbeda-beda pula. Salah satu ruas jalan yang memiliki permasalahan tersebut adalah di jalan Lawu Sta 17+400 sampai dengan sta18+000. 

Metode penelitian dengan kuantitatif  yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.

Dari hasil pengamatan didapat volume lalu lintas di Jalan Raya Lawu tertinggi  terjadi sebesar 2023,3 SMP/jam.  Nilai kapasitas jalan 4.927,65 smp/jam. Jumlah hambatan adalah 434 termasuk kategori kelas hambatan sedang. Berdasarkan hasil tersebut trelihat bahwa adanya hambatan samping dengan kategori sedang tidak signifikan menurunkan kapasitas jalan terbukti dengan tingkat pelayanan jalan masih baik.  Nilai (Level Of Service) LOS 0,41 Smp/jam, maka Tingkat Pelayanan Jalan  di Jalan lawu Karanganyar (STA 17+400 – STA 18+000) dikategorikan B. Tingkat Pelayanan B artinya arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu-lintas. Pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih kecepatan.

Kata Kunci : Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan Jalan


Keywords


Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan Jalan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.