Kebijakan Editorial

Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Human Settlement (Permukiman dan Rumah Tinggal)
Secara umum, fokus dan lingkup artikel yang diterbitkan dalam JURNAL GRID adalah segala pemikiran hasil riset dan kajian yang berfokus pada Kajian Arsitektur dan Sains Bangunan. Lingkup kajian dari artikel tersebut dibagi ke dalam kelompok aspek sebagai berikut :
1. Perencanaan dan Perancangan (Housing Architectural Design)
Artikel yang dikaji meliputi hasil studi terhadap perencanaan, perancangan, ideologi, tipo-morfologi Arsitektur, elemen desain, studi perilaku, dan metode perancangan Arsitektur permukiman dan rumah tinggal.
2. Arsitektur Permukiman Urban (Urban Architectural Housing)
Artikel yang dikaji meliputi hasil studi kajian spasial, teritori, community based development, dan konsep perancangan permukiman pada area urban.
3. Teknologi dan Sains Arsitektur (Architectural Housing Science and Technology)
Artikel yang dikaji meliputi hasil studi terhadap teknologi struktur, konstruksi dan bahan bangunan lokal maupun modern, serta studi terhadap kenyamanan termal rumah tinggal melalui simulasi.
4. Teori dan Sejarah Arsitektur (Theory and History of Housing Architectural Design)
Artikel yang dikaji meliputi hasil studi terhadap langgam, style, sejarah perkembangan arsitektur permukiman dan rumah tinggal, arsitektur etnik, arsitektur nusantara, dan kajian pelestarian (preservasi-konservasi) bangunan bersejarah rumah tinggal.
Artikel yang disajikan belum pernah diterbitkan di dalam jurnal manapun, semoga dapat bermanfaat bagi perkembangan keilmuan Arsitektur.

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review