Peningkatan Daya Saing Bisnis “Batik Kahuripan” Melalui Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce

Fitri Wiyani, Nugroho Agung Prabowo

Abstract


ABSTRAK : Pemasaran produk pengrajin “Batik Kahuripan” Kota Surakarta masih mengalami banyak hambatan. Model pemasarannya lebih banyak memasarkan produknya dengan cara penawaran dan pengiriman produk secara langsung kepada pelanggan. Oleh karena itu wilayah pemasarannya masih terbatas, sehingga produk kurang dikenal dalam skala yang lebih luas. Salah satu metode pemasaran yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah metode pemasaran on-line dalam bentuk e-commerce. Namun demikian, pengrajin batik belum banyak yang mengenal e-commerce, sehingga perlu dilakukan penelitian terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat pemahaman dan motivasi para pengrajin terhadap penggunaan e-commerce. Setelah diketahui tingkat pemahaman para pengrajin dan motivasinya terhadap penggunaan e-commerce, maka selanjutnya dilakukan perancangan sistem penjualan produk dengan menggunakan e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman atau level adopsi para pengrajin terhadap e-commerce pada level sedang dan variasinya rendah. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya sumberdaya manusia yang terampil memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Namun demikian mereka mempunyai motivasi yang tinggi untuk menerapkan TI dalam kegiatan pemasaran produknya. Motivasi tersebut dilandasi oleh keinginan para pengrajin untuk mencari pelanggan baru dan meningkatkan pendapatan. Selanjutnya e-commerce dirancang dengan menggunakan Content Management System (CMS) prestashop.
Kata kunci : strategi pemasaran, peningkatan daya saing, dan e-commerce

ABSTRACT : Marketing products craftsman "Batik Kahuripan" Surakarta city still has many obstacles. More marketing model to market their products by way of supply and delivery of products directly to customers. Therefore the marketing area is limited, so the products are less prominent in a wider scale. One marketing method that can be used to overcome this problem is on-line marketing methods in the form of e-commerce. However, not many batik craftsman who knows e-commerce, so it needs to do some research first to determine the level of understanding and motivation of the craftsmen on the use of e-commerce. Now we know the level of understanding of the craftsmen and motivation towards the use of e-commerce, we then performed system design product sales using e-commerce. The results showed that the level of understanding or level of adoption of the craftsmen of the e-commerce at the level of medium and low variation. It is caused by a lack of skilled human resource utilize Information Technology (IT). However, they have the motivation to implement IT in marketing their products. Motivation is based on the desire of the craftsmen to find new customers and increase revenue. Furthermore, e-commerce is designed by using a Content Management System (CMS) prestashop.
Keywords: marketing strategies, increasing competitiveness, and e-commerce

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2302-1136 (Print) - 2088-0154 (Online) - 2088-0162 (CDROM) Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informatika Universitas Surakarta