Pengembangan Aplikasi Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Surakarta Berbasis Web

Harum Mu'alimus Shidiqi, Abdillah Baradja, Tri Irianto Tjendrowasono

Abstract


Universitas Surakarta (UNSA) adalah salah satu perguruan tinggi di wilayah Surakarta, tepatnya di perbatasan Karanganyar dengan kota Solo. UNSA memiliki 2 Program Studi Pasca Sarjana dan 12 Program Studi Strata Satu (S-1). UNSA telah memiliki sistem informasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) yang berbasis web, mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara daring.
Pada sistem informasi yang berjalan memiliki kelemahan dimana terdapat masalah pada validasi pendaftaran melalui email, ini menyebabkan kehilangan jumlah pendaftar potensial. Pada sistem lama belum ada laporan untuk melihat cepat jumlah informasi pendaftar potensial per-program studi dengan berbagai kategori mahasiswa, informasi ini dibutuhkan pada bagian Kemahasiswaan untuk pelaporan beasiswa KIP ke pemerintah dan bagian Humas UNSA untuk mendapatkan informasi jumlah mahasiswa pendaftar, sehingga perlu untuk dibuatkan tampilan informasi yang lengkap dan mudah didapat.
Sistem Informasi dibangun dengan bahasa pemrograman Javascript dengan React Js Framework dan menggunakan database PostgreSQL. Metode pengujian menggunakan Black Box dan survei menggunakan kuesioner. Hasil akhir dari pengujian dan implementasi sistem dapat menyediakan fitur informasi yang lengkap dan cepat untuk kebutuhan Humas UNSA dan Rektorat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.