Pembuatan Video Iklan Layanan Masyarakat Berbasis Animasi Dua Dimensi Anime Style Pada Kantor KPU Kabupaten Karanganyar

Muhammad Rizqi Pradhana, Sukoco Sukoco, Ramadhian Agus Triono Sudalyo

Abstract


Komisi Pemilihan Umum atau KPU, merupakan lembaga negara yang menyelenggarakan pemilihan umum yang permanen dan bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu di indonesia. Memiliki tugas yang diatur dalam Pasal 12 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. Dengan diundangkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang penyelenggara pemilu, jumlah anggota KPU menjadi 7 orang yang sebelumnya 11 orang. Dalam perkembangan teknologi di bidang informasi saat ini, KPU Kabupaten Karanganyar memiliki akun media sosial sebagai sarana sosialisasi dan edukasi agar masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang terdapat di KPU cabang karanganyar dan informasi tentang pemilu.
Media yang digunakan KPU Karanganyar untuk edukasi masyarakat yang digunakan saat ini berupa gambar vektor dan video sinematografi. Melalui diproduksinya konten berupa animasi 2D dapat menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat dalam menyimak konten informasi dan sosialisasi yang disampaikan KPU Kabupaten Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan beberapa metodologi, diantaranya adalah metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan, metode pengembangan, yaitu perancangan, ilustrasi, compositing, editing, rendering, uji coba, dan implementasi.
Hasil video iklan animasi 2D layanan masyarakat sebagai sarana edukasi kepada masyarakat umum mengenai pentingnya untuk menggunakan hak pilih menentukan figur dan arah kepemimpinan negara atau daerah dalam periode tertentu, dengan rata-rata dari hasil survei kepada responden dengan persentase 93%, yang menunjukkan representasi kelayakan dari iklan layanan animasi 2D memberi dampak daya tarik bagi masyarakat yang menyimak.

Kata Kunci: Anime, Iklan Layanan Masyarakat, Pemilu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.