Analisis User Experience Pada Aplikasi Digital UMKM AYO TOKO SRC Menggunakan Metode User Experience Questionnaire

Bayu Mukti

Abstract


Perilaku masyarakat menggunakan teknologi dan literasi digital menuju kearah positif, pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia tahun 2021 yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) kepada 10.000 responden di 514 kabupaten/kota di Indonesia dengan responden pengguna internet berusia 13-70 tahun ditemukan bahwa budaya digital (digital culture) mendapatkan skor tertinggi, 3.90 dari skala 1-5 (Kominfo.go.id). Laporan dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menunjukkan 79,5% penduduk Indonesia menggunakan internet dengan sebaran wilayah urban 69,5 persen dan wilayah rural 30,5 persen (APJJI). Penggunaan internet pada UMKM dapat meningkatkan produktivitas, akses terhadap informasi dan proses bisnis yang lebih efisien, tetapi hasil survei pada 5 sektor UMKM menunjukkan UMKM masih kesulitan untuk memanfaatkan platform digital, hal tersebut dikarenakan kemampuan digital yang relatif rendah. (Bappenas, 2020). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis User Experience aplikasi AYO TOKO SRC agar dapat digunakan secara optimal sesuai dengan kebutuhan pengguna yang terdiri dari UMKM, sehingga mampu mendukung proses budaya dan literasi digital. Metode penelitian menggunakan User Experience Quesionere (UEQ) kepada 50 responden dengan Kumpulan pertanyaan mencakup 6 dimensi User Experience yaitu aspek Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, Novelty kepada pengguna untuk evaluasi awal, pengukuran pendapat dan persepsi menggunakan skala likert dengan skala 7 poin untuk reliabilitas lebih baik. Menggunakan metode diatas dihasilkan User Experience AYO TOKO SRC memiliki user experience yang kurang baik dengan skor intrepretasi koresponden 22 %.

Kata Kunci: User Experience, UEQ, Aplikasi Digital, UMKM

Full Text:

PDF

References


APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024.

BAPPENAS, (2020). Kajian Kebijakan Penanggulangan Dampak COVID-19 terhadap UMKM, https://aptika.kominfo.go.id/)

Djaali. 2008. Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.

Fink, G. & Flatow, I., 2014. Pro Single Page Application Development. 1st ed.s.l.:Apress.

Garrett, J.J., 2011, The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond, Ed. 2, New Riders, United State of America.

ISO 9241, 2010, User Experience Glossary, https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso: 9241:-210:ed-1:v1:en, diakses pada 18 Juli 2024.

KOMINFO & KATADATA, (2021). Kajian Status Literasi Digital di Indonesia 2021, (kominfo.go.id/)

Kresnanto, M. A., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2020). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada RedDoorz dan Airy). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(10), 3637–3646. Diambil dari https://j- ptiik.ub.ac.id/index.php/j- ptiik/article/view/8063

Martadinata & Zaliman, (2021), Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi E-Commerce dengan menggunakan CMS, Woocommerce dan Xendit. (SIGMATA) Jurnal Manajemen dan Informatika.

Murad K.N, Robbani M.M, Rakhmadi M.F, Sulistyowati W, Maulida F, Nurrachmat J, Maharani T.E. Kajian Pengembangan Jalur Keterampilan Digital untuk UMKM.” Laporan UKMC FEB Universitas Indonesia, (2023).

Norman, D. A. (2016). The definition of user experience. Interactions, 23(6), 28-

Diakses dari https://www.nngroup.com/articles/defi nition-user-experience/ diakses pada 12 Juli 2024.

Putro.S, Kusrini, Kurniawan, M.P. (2019). Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul. (Jurnal Creative Information Technology Journal (CITEC). https://doi.org/10.24076/citec.2019v6i1

.242

Schrepp, M., 2015, User Experience Questionnaire Handbook, Germany.

Sahulata, R.A., Tampubolon, E.R., & Sela, G.T, (2023). Analisis UX dan Usability pada aplikasi indrive menggunakan metode heuristic evaluation, Seminar Nasional Corisindo.

Susila, N.H., Arsa, D.M.S (2023). Analisis System Usability Scale (SUS) dan Perancangan System Self Service Pemesanan Menu di Restoran berbasis Web. Majalah Ilmiah UNIKOM. https://doi.org/10.34010/miu.v21i1.106 83

Wijaya, Santika, (2021), Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna PaTol Bali dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), https:// 10.25126/jtiik.202182763


Refbacks

  • There are currently no refbacks.