Pembuatan Game Edukasi Berbasis Android
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dan pemanfaatan hasil teknologi dalam proses belajar. Media memegang peranan yang peting dalam proses pembelajaran untuk usia dini. TK Saradan Sragen merupakan salah satu sekolah yang mepunyai fasilitas komputer sebagai alternatif sistem pembelajar baru yang digunakan untuk proses belajar. Penelitian sebelumnya dibuat game edukasi berbasis dekstop. Namun hal ini dirasa kurang efektif dan masih terdapat beberapa kekurangan. Perlu dibuat suatu game edukasi mewarnai berbasis android yang bisa mencakup semua aspek yang diperlukan serta bisa dijalankan di smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukasi mewarnai sehingga anak senang mewarnai sejak dini, memberikan alternatif pembelajaran baru yang bisa dijalankan di komputer dan smartphone sehingga fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan secara optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Pengumpulan Data, meliputi : Observasi, Wawancara, Kepustakaan, dan Metode Pengembangan (Pembuatan/Pembangunan), meliputi : Analisis, Perancangan, Pembuatan, Uji Coba, serta Implementasi. Hasil penelitian ini diharapkan akan dihasilkan game edukasi mewarnai yang bisa dijalankan dikomputer dan smartphone. Dengan materi yang menguraikan tentang mewarnai sesuai minat dan bakat anak-anak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.