PENGARUH TERPAAN IKLAN, KEMASAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK SAMPOERNA MILD PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SURAKARTA

Gandhy Ramadhan, Dewi Pujiani

Abstract


This study aims to determine how much influence the simultaneous exposure to cigarette advertising,
packaging and lifestyle on the decision to purchase Sampoerna Mild cigarettes in students of the Faculty
of Economics, University of Surakarta, either partially or simultaneously. The hypothesis in this study is
that exposure to cigarette advertising, packaging and lifestyle influences the purchasing decisions of
Sampoerna Mild cigarettes in students of the Faculty of Economics, University of Surakarta, either
partially or simultaneously. This research is a survey research with quantitative research type. The data
used in this study used primary data from respondents' answers to questionnaires. The study population
was 55 people with a sample taken at random as many as 55 respondents. The analysis technique used is
multiple linear regression test, t test, F test, and coefficient of determination test. The results of the study
draw the conclusion that exposure to cigarette advertising, packaging and style significantly influence the
purchasing decisions of Sampoerna Mild cigarettes in students of the Faculty of Economics, University of
Surakarta, either partially or simultaneously

Keywords


exposure to cigarette advertising, packaging, lifestyle and purchasing decisions

Full Text:

PDF

References


Abdullah., Thamrin, 2013, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Apriyandani, H., Yulianto, E., & Sunarti, S. 2017. Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi

Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014

dan 2015 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan Smartphone iPhone).

Jurnal Administrasi Bisnis, 50(2), 180-189

A. Shimp, Terence. 2013. Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga

Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, T. Hani. 2015. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku

Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Durianto dan Darmadi, 2014, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, 2015, Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi, (Semarang: Universitas Diponegoro.

Ferrina Dewi, 2014, Atribut Produk Yang Dipertimbangkan Dalam Pembelian Kosmetik Dan Pengaruhnya

Pada Kepuasan Konsumen Di Surabaya, Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 7, No. 2, Pp

-139.

Hiktram, Muh., 2017. Pengaruh Gambar Kemasan Rokok Terhadap Minat Perokok Pada Mahasiswa

Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Alauddin Makassar. Skripsi Fakultas Dakwah Dan

Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hermawan, 2014, Marketing Dan Desing. Bandung: Mizan Media Utama.

Juandi, Diko, 2015, Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.

Kassil, Wadiyo, 2013, Pemasara Produk ,Bandung : Tri Pustaka Utama.

Kertajaya., Hermawan, 2013, Syariah Marketing. Bandung: Mizan Media Utama.

Pengaruh Terpaan Iklan, Kemasan, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian.........Universitas Surakarta | 224

Kotler., Philip. 2019, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler., Keller, 2014, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

_____________, 2017, Pemasaran Produk. Jakarta: Indeks.

Kotler,Philip, Amstrong. 2017. Pemasaran, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip, dan Wirya, 2016. Pentingnya Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mowen, John C. Michael Minor. 2012. Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Schiffman.,Kanuk, 2017, Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Setiadi J Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Setiawan, I., dan Kotler, P., Kartajaya, H., 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New

Jersey: John Wiley & Sons.

Stanton Dan William, 2011, Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Bisnis, Alfaneta, Bandung.

Suryani, Tatik. 2018. Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Edisi

Pertama. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Susanti , Safitri, 2013, Perilaku konsumen Terhadap Produk Bermerek. Bandung : Tri Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset.

Tim penyusun pedoman penulisan skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, Pedoman Menulis

Skripsi, Tahun 2021.

Wicaksono, 2013, Kemasan Produk Pemasaran. Jakarta : Pustaka Utama.

Wiradinata , 2013, Perilaku konsumen Terhadap Produk. Jakarta: Gramedi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.