PENGGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO KARIM MART MOJOGEDANG KARANGANYAR

Intan Maratun, Giarti Slamet

Abstract


This study aims to determine the effect of service quality, price, promotion on customer satisfaction at Karim Mart Stores, Mojogedang, Karanganyar. The population in this study are consumers of Karim Mart Stores whose number is not known with certainty. The limeshow formula is used to determine the number of samples and the results of the limeshow formula. The number of samples is 100 respondents. Data collection using questionnaire techniques, analytical techniques and using multiple linear regression analysis, hypothesis testing using t test and F test. The conclusions from the results of testing each hypothesis show that (1) Service quality has a significant effect on customer satisfaction at Karim Mart stores. (2) Prices have a significant effect on customer satisfaction at the Karim Mart store. (3) Promotion has a significant effect on consumer satisfaction. (4) Service Quality, Price, Promotion simultaneously have a significant effect on customer satisfaction at the Karim Mart store.

Keywords


Quality of service, Price, Promotion, Consumer Satisfaction at Karim Mart Store

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Arianto,N.,Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan

pembelian produk Salt n Pepper Pada PT. Mitra Busana Sentosa Bintaro. Jurnal Kreatif: Pemasaran

sumberdaya dan keuangan vol. 6, No. 2.

Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam

Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2), 83–101.

Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali-Gramedia Pustaka Utama.

Farhaeni, Mutria. Widiastuti, Ni Putu. Lani, Alfa. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan

Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Pengiriman Barang PT. Titipan Ilahi Trans. Vol.

Nomor 20-37 Desember 2021

Farkan, Muzaki. Mohamad. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Melalui Media

Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen. Vol.1 No. 1 Oktober 2022

Handoko, Bagus. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

pada titipan kilat JNE Medan. Vol.10 Nomor 1 (2017): 61-72

Hendarti, Y. & Prasetyaningrum, N. E. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Hello Barbershop di Karanganyar). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 388-396.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Kotler, Philip (2006). Manajemen pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T Indeks Gramedia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson

Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT.

Indeks.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta Erlangga.

Mulyapradana, Aria., & Lazulfa Indah, Atik. (2018). Tata Kelola AdministrasiUntuk Meningkatkan

Kualitas Pelayanan Administrasi Di PT.BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha

Meda (Juripol). Vol.1Nomor Februari 2018, p-ISSN:2599-1779. e-ISSN:2599-1787.

Putri, C. A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan SFA Steak & Resto Karanganyar. Surakarta Management Journal. Vol 3 No. 1: 11-19.

Ridwansyah, Ardhi. 2017. Instant Marketing For Busy People : Rangkuman Intisari Pemasaran. Esensi.

Jakarta.

Sangadji, Etta Mamang; Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi.

Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Karim...Karanganyar | 256

Stanton, Wiliam J. 1998. Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Untoro, Joko, 2010, Ekonomi, Jakarta, Kawahmedia.

Wulan Siti, Candra. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan

Konsumen Jasa Transportasi Ojek Online Grab Di Wilayah Tulung Agung. Vol.1 Nomor Juli 2019

Wijayanto, R. I. & Widiastuti, E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Indomartco Prismatama (Indomaret) Cabang Klaten. Surakarta Management Journal, 3(2), 102-119.

Wiwaha Widya. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan promosi terhadap kepuasan pelanggan

PT.Gratika Yogyakarta. Vol.6 No.1: 340-346.

https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i2.856

https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43690/40001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.