PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI PONDOK PESANTREN BAITUL MUAMALAT AL HIKMAH KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN BLORA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI PEMODERASI

Romadhona Adityatama, Rohwiyati Rohwiyati

Abstract


In this study the authors have a goal to determine the influence of service quality as seen of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphathy for member loyality, as well as moderating satisfaction in the effect of service quality on loyalty. Hypothesis in this research are: Suspected the service quality as seen of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphathy have significan effect to member loyality, and satisfaction moderatedthe effect service quality as seen of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy to mamber loyalty, but satisfaction not mederated the effect service quality as seen of assurance and empathy to mamber loyalty. The data needed in this study is the primary data obtained by questionnaire method from the sample of 59 respondents. Data analysis used in this research is multiple linear regression test, t test, F test and coefficient of determination test. The results of data analysis in this study can be concluded that the service quality as seen of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphathy have significan effect to member loyality, and satisfaction moderated the effect service quality as seen of tangibles, reliability, and responsiveness to mamber loyalty, but satisfaction not mederated the effect service quality as seen of assurance and empathy to mamber loyalty.

Keywords


Quality Service, Satisfaction and Mamber Loyalty

Full Text:

PDF

References


Affandi, M. Yazid. 2014. Fiqh Muamalah dan Implementasinya dalam Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: Logung Pustaka.

Ahmad dan Buttle. 2013. Pemasaran. Salemba Empat. Jakarata.

Akker. 2014. Marketing Research. Nine edition. John Wiley and Sons, Inc. USA.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Dharmesta dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasan. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Salemba Empat. Jakarta.

Ikasari. 2013. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Laboratorium Parahita Diagnostic Center Cabang Jember. Jurnal ekonomi Akuntansi dan Manajemen. Vol. 13 No. 2 Tahun 2013.

Keller, Kevin. 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks. Jakarta.

Kotler, Philip, dan Kevin Keller, 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks. Jakarta.

Kumalaningrum, F. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen CS Kopi Tubruk Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 16 No. 2 Juni 2016: 226 – 233

Mardikawati, Woro. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui kepuasan pelanggan pada Pelanggan bus efisiensi (studi po efisiensi jurusan yogyakarta-cilacap). Semarang. Universitas Diponegoro.

Markus, 2015. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Grasindo Persada, Jakarta.

Nuryadin, Hadin. 2013. BMT dan Bank Islam: Instrumen Lembaga Keuangan Syariah, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004), 159-160 8 Ahmad Sumiyanto, Menuju Koperasi Moderen (Panduan untuk Pemilik, Pengelola dan Pemerhati Bait Maal wa Tamwil dalam format Koperasi), Yogyakarta: Debeta.

Pangadaheng, Fony. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Hadji Kalla Palu. Jurnal Katalogis, Vol.3 Nomor 2, halaman 51-67.

Prasetya. 2017. Marketing. Penerbit Media Presindo. Yogyakarta.

Putranto, 2018. Manajemen Penjualan. BPFE. Yogyakarta.

Prayitno, D. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Sebagai Varaibel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 No. 3 September 2015: 321 – 328.

Rohmat N., 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Ageng Terhadap Loyalitas Pelanggan PO. Rosalia Dengan Harga Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 Edisi Khusus April 2015: 173 – 180.

Rohwiyati. 2018. Pengaruh E-Quality Service dan Harga terhadap Intensitas Pembelian Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi. Indonesian Journal of Contemporery Management Research. Vol. 1 No. 1 (2018).

Sarjono dan Julianita. 2013. SPSS dan Liserel: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syaiah, Yogyakarta: Gramedia.

Simamora. 2014. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

_________, 2015, Statistik Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Suhendi, Hendi. 2016. Fiqh Muamalah, Jakarta: Rajawali Pers.

Suzanh dan Ekasaputri, 2015. Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioligi Vol. 13 Nomor 3 Desember 2015.

Tjiptono, Fandy, 2013. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

_____________, dan G Chandra, 2012. Service Quality & satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Utami, W. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik Pada Loyalitas Elektronik (Kepuasan Elektronik Sebagai Variabel Media dan Kepercayaan yang Dirasakan Sebagai Variabel Moderasi). Jurnal menara Ekonomi, ISSN : 2407-8565; E-ISSN: 2579-5295 Volume III No. 6 - Oktober 2017.

Wibowo, HA. 2016. Peran Biaya Beralih Pada Hubungan Klasik Kualitas Pelayanan, Kepauasan dan Loyalitas Pelanggan di Industri Pendidikan Tinggi (Studi Pada PTS X). Jurnal Sains Manajemen Vol. 2 No.1 Januari 2016.

Wulandari. R. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Solo). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 1 6 No. 2 Juni 2016: 242 – 252.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.