EFEK MODERASI SIKAP KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMPERKUAT PENGARUH MODAL KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UMKM BATIK DI SURAKARTA

Muflik Malikun, Ambyah Atas Aji

Abstract


This study aims to analyze effect working capital on sales as a proxy of MSMEs performance, and to analyze the effect of working capital on MSMEs performance moderated entrepreneurial attitude. This study using sample of 108 batik MSMEs in Surakarta, with purposive sampling techniques. Hypothesis testing is done by using moderating regression analysis. The conclusion of the hypothesis test results (1) working capital has a positive and significant effect on MSMEs performance, (2) entrepreneurial attitude is moderating variable have moderates in the effect of working capital on MSMEs performance.

Keywords


Working Capital, Entrepreneurial Attitude, MSMEs Performance

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2010, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Dewi, Ni Luh Anggita, 2016, “Pengaruh Sikap Kewirausahaan terhadap Kemampuan Mengelola Usaha pada Peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNDIKSHA Tahun 2015, Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), Vol. 7 (2), Hal. 1-11.

Fatmasari, Sukesti dan Nurhayati, 2015, “Strategi Pengembangan UKM melalui Peningkatan Modal Kerja dengan Variabel Intervening Pengembangan Bisnis Pada UKM Makanan Kecil di Kota Semarang”, The 2nd University Research Coloquium 2015, Universitas Muhammadiyah Semarang. Hal. 207-216.

Gosselin, Maurice. 2005.“An Empirical Study of Performance Measurement in Manufacturing Firm”. International Journal of Productivity and Performance Management. Vol. 54 No.5/6. pp.419-437.

Haqqi, H., dan Dipokusumo, 2019, "Strategi Indonesia dalam Mendorong Ekspor Industri Kreatif di Pasar Eropa", Research Fair Unisri 2019, Vol. 3 91), Hal. 263-277.

Hartono dan Hartomo, D.D., 2014, ”Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta”, Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol. 14 (1), Hal. 15–30.

Hermawan, I., dan Tripriyo, V.S., 2015, “Membangun Kinerja Usaha Melalui Faktor Pembentuk Kapabilitas Pelaku Kewirausahaan Industri Kreatif Nasional”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 13(2), Hal. 33-52.

Istifadah, N., dan Tjaraka, H., 2017, “Kreativitas dan Inovasi pada Industri Kreatif untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kesinambungan Pertumbuhan Ekonomi”, Conference on Management and Behavioral Studies, Universitas Tarumanagara Jakarta, 12 Oktober 2017, Hal. 89-99.

Maheswara, A.A.N.G., Setiawina, N.D., dan Saskara, I.A.N., 2016, ”Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UKM Sektor Perdagangan di Kota Denpasar”, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 5 (12), Hal. 4271-4298.

Munawir, S, 2012, Analisa Laporan Keuangan, Edisi Delapan, Liberty, Yogyakarta.

Nugrahini, I.F.N.D., Pardi, dan Ismunawan, 2016, ”Kredit Modal Kerja, Aset, Jumlah Pegawai dan Biaya Pemasaran terhadap Pendapatan UMKM di Kecamatan Kartasura”, Jurnal Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah, Vol. 1 (2), Hal. 78-90.

Octavia, Jayanti, 2015, Pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Kompetensi Wirausaha terhadap Keberhasilan Usaha (Survey pada Produsen Sepatu Cibaduyut Kota Bandung), Jurnal Riset Akuntansi, Vol. 7(1), Hal. 1-12.

Purwaningsih, R., dan Kusuma, P.D., 2015, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Metode Structural Equation Modeling (Studi kasus UKM Berbasis Industri Kreatif Kota Semarang)”, Prosiding SNST ke-6 Tahun 2015, Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang, Hal. 7-12.

Ranto, Dwi Wahyu Pril, 2016, "Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner Di Yogyakarta", JBMA, Vol. 3 (2), Hal. 1-11.

Sabirin dan Atem, 2016, “Menilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kesiapan Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”, Jurnal Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah, Vol. 1 (2), Hal. 41-50.

Setiawan, Toni, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja, Motivasi, Kepuasan Kerja dan Produktivitas, Platinum, Jakarta.

Setyanto, A.R., Samudro, B.R., dan Pratama, Y.P., 2015, Kajian Pola Pengembangan UMKM di Kampung Batik Laweyan Melalui Modal Sosial dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan Asean”, JIEP, Vol. 15(2), Hal. 71-90.

Sudaryanto dan Hanim, A., 2002. “Evaluasi kesiapan UKM Menyongsong Pasar Bebas Asean (AFTA): Analisis Perspektif dan Tinjauan Teoritis”, Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, Vol. 1 (2), Hal. 1-32.

Suryana, Y., dan Bayu, K., 2011. Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses, Kencana, Jakarta.

Tambunan, Tulus T.H., 2010, Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia; Beberapa Isu Penting, Salemba Empat, Jakarta.

Umrotun, Wahyuddin, M., dan Sholahuddin, M., 2017, ”Analisis Spasial Ekonomi Kreatif Berorientasi Ekspor Kota Surakarta”, The 6th University Research Colloquium 2017-Universitas Muhammadiyah Magelang, ISSN 2407-9189, Hal. 135-140.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Online:

Industri Kreatif, Masa Depan Kota Solo Kompas.com, Diunggah dari: https:// regional. kompas.com/read/2010/12/10/05144252/industri.kreatif. masa. depan. kota.solo. Tanggal 10 Desember 2010, 05:14 WIB, Diunduh 9 Maret 2019.

Kemenperin. 2017. Industri Kreatif Dituntut Inovatif Agar Produktif. Diakses dari http://www.kemenperin.go.id/artikel/17272/Industri-Kreatif-Dituntut-Inovatif-AgarProduktif, pada 6 Januari 2018.

Lorong Digital. Diunggah dari: https://soloraya.solopos.com/read/20160223/489 /694407 /industri-kreatif-solo-laweyan-lorong-transformasi-peradaban. Tanggal23 Februari 2016 18:43 WIB. Diunduh 9 Maret 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.