PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE PADA KONSUMEN DI METRO THE PARK SOLO

Liya Setiyawati, Rohwiyati Rohwiyati

Abstract


This study aims to (1) analyze the effect brand image on purchase decision (2) analyze the effect price on purchase decision (3) analyze the effect product quality on purchase decision (4) analyze the effect brand image, price, and product quality on  purchase decision. The population of research is Maybelline customers at METRO The Park Solo. Samples consist of 61 respondents using proportional random sampling technique. Data collection using a questionnaire technique. Data analysis techniques using multiple linear regression analysis, t test, and F test. The conclusion of the test results of each hypothesis shows that (1) brand image has a significant effect on purchase decision (2) price has a significant effect on purchase decision (3) product quality has a significant effect on purchase decision (4) brand image, price, and product quality have a significant effect simultaneously on on  purchase decision.

Keywords


Brand Image, Price, Product Quality, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Aaker, (2010) Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta : Spektrum Mitra Utama.

Arikunto, (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko, (2000). Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM.

Buchari Alma, (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Chardika, R. H & Wahyu, H. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek Iphone Kota Semarang”, Jurnal Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Tahun 2018 1-8.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ikanita, N. S & Yoestini (2012). “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang)”, Jurnal Manajemen Universitas Diponegoro Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012.

Kotler, Amstrong. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2012). Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2013). Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Erlangga, Jakarta

Nadia Aisyah (2020). “Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Mascara Maybelline pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara” [skripsi]. Medan (ID) : Universitas Sumatera Utara.

Nur, Isnaini, Susanto, dan Hasnah, R. (2015). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)”, Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPPTM), Prosiding Konferensi Nasional Ke- 4.

Saladin (2012). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. CV. Linda Karya, Bandung.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai : Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti. (2012). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Edisi 2. Medan: USU Press.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2010). Metode Peneitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suri Amilia & M, Oloan (2017). “Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa”, Jurnal Manajemen Dan Keuangan Universitas Samudra, Vol.6, No.1, Mei 2017.

Teni Andriani (2020). “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Mahasiswi Membeli Produk Kecantikan Maybelline (Study pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi) [skripsi]. Jambi (ID) : Universitas Islam Negeri (Uin) Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Wikipedia, Maybelline, Diambil 27 Juni 2021, dari https://id.wikipedia.org/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.