PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA GRAB FOOD DI KOTA SURAKARTA DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Aloysius Satrio Petra Ikoputra, Juni Trisnowati

Abstract


In this study the authors have a goal to determine the influence of price and service quality on the decisions use Grab Food in Surakarta City, and as well as moderating promotion in the effect of price and service quality on decisions use of Grab Food in Surakarta. Hypothesis in this research are: Suspected the price and service quality have effec on the decisions use Grab Food in Surakarta City, and as well as promotion have moderated in the effect of price and service quality on decisions use of Grab Food in Surakarta. The data needed in this study is the primary data obtained by questionnaire method from the sample of 100 respondents. Data analysis used in this research is Moderating Regression Analysis (MRA). The results of data analysis in this study can be concluded that the price and service quality have signifivan effect on the decisions use Grab Food in Surakarta City, and as well as promotion have moderated in the effect of price and service quality on decisions use of Grab Food in Surakarta.

Keywords


Price, Service Quality, Promotion and Decisions Use Grab Food

Full Text:

PDF

References


Andriani. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Grab Online (Studi Kasus Anak Kos Banjarejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Skripsi Diterbitkan. Lampung: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institus Agama Islam Negeri (Iain) Metro.

Anggraini, 2017. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online (Studi Kasus Perbandingan Gojek dan Ojek Online Syar’i). Skripsi. Surakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Assael H., 2005, Customer Behavior and marketing Action, 5the edition, South Western College Publishing, Cincinnati.

Batik, 2018. Pengaruh Harga Dan Pelayanan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online Grab Pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Skripsi. Semarang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Herwinarni, Yuniarti, 2013. Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Beijing di Wilayah Kota Tegal. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Kotler, Philip dan Armstrong, 2011, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, 2011, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Leksono, dan Herwin. 2017. Pengaruh Harga Dan Promosi Grab Terhadap Brand Image Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat Vol.2, No.3, Oktober 2017: 381 - 390 P-Issn 2527–7502 E-Issn 2581-2165.

Majalah Muslimah, 2018. Trend Bisnis Busana Muslim. Edisi Januari 2018.

Parasuraman, 2013, “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing, Vol. 49, fall. Hal. 42-58.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Bisnis, Alfabetha, Bandung.

________, 2015, Statistik Untuk Penelitian, Alfabetha, Bandung.

Tandirerung. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Go-Car Studi Pada Konsumen Go-Car Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2014, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: ANDI.

_____________, 2014, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia.

_____________ dan Gregorius Chandra, 2015, Service, Quality and Satisfaction, Yogyakarta: ANDI.

Wilson, 20112, “Defensive Marketing Strategy by Customer Complaint Management: A Theoritical Analysis”. Journal of Marketing Research. Vol.I, Hal. 12-25..

Wulandari, Dkk., 2017. Pengaruh Tarif Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Go-Ride (Studi Kasus Pada Pengguna Go-Ride Di Kota Tangerang Selatan). Jurnal Publikasi, Semarang: Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.

Zeithamal, V.A., dan Berry, L.L., 2013, “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service quality”. Journal of retailing, volume 64, number 1, spring


Refbacks

  • There are currently no refbacks.