ANALISIS PENGARUH PENJUALAN, BIAYA PROMOSI DAN BIAYA TENAGA LANGSUNG TERHADAP LABA BERSIH (PERUSAHAAN BARANG KONSUMEN PRIMER DI BEI 2017-2019)

Dyah Ayu Purnamaputri, Novie Endi Nugroho

Abstract


The purpose of this study is to provide empirical evidence regarding the effect of net sales, promotion costs and direct labor costs on the net income of primary consumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2017-2019 period, either partially or simultaneously. This research is a type of quantitative research. The sampling technique is carried out using a non-probability sampling with purposive sampling technique. So that the sample obtained is 31 companies in the primary consumer goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2017- 2019 period, with a total of 93 observational data for 3 years of observation. Data collection techniques used are documentation and literature study. The data analysis technique used in this study used multiple regression analysis with SPSS application tools. The results obtained from this study are (1) net sales have a positive and significant effect on net income, (2) promotion costs have a positive and significant effect on net income, (3) direct labor costs have a negative and insignificant effect on net income.

Keywords


Net Sales, Promotion Costs, Direct Labor Costs and Net Profit

Full Text:

PDF

References


Akbar, A.S. (2017). Pengaruh Penjualan Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih (Survei Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011- 2016). Skripsi. Bandung: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Komputer Indonesia.

Arifin, S. (2020), Sales Manjemen Strategi Menjual Dengan Pendekatan Personal, Yogyakarta: Salma Idea.

Astriningrum, A.R, Wahyuningtyas, E.S, Amalia, N. (2018). pengaruh penjualan, beban pokok penjualan, pajak, dan biaya keuangan terhadap laba rugi perusahaan jasa telekomunikasi. Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol. 4 No. 2.

Kotler, P & Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran,Edisi Kedua Belas. Jilid 2. dialihbahasakan oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP-STIM YKPN. Retrieved from Unit Penerbit.

Muslim, M.T, (2020). Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2006-2013. Jurnal Ilmu Manajemen Retail. Vol.1 No. 2.

Nastiti, G.A.L. (2019). Pengaruh Biaya Produksi,Volume Penjualan Terhadap Laba Perusahaan (Study Pada Cv.Tunik Putri, Surabaya). Skripsi. Surabaya: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya.

Nursanti, W & Setyorini, R.D.A. (2021). Pengaruh Biaya Bahan Baku Langsung dan Biaya Tenaga Kerja Langsung Terhadap Laba Usaha. JURNAL AKUNTANSI FE- UB P. ISSN: 2087-9261 Vol. 15 No. 1.

Rustami, P., Karya, I.K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2.

Saukani, A, (2020). Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (2011-2018). Skripsi. Padangsidimpuan: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Syukriadi, M. (2016). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Perusahaan Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada CV. Citra Sari Makassar). Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Widnyana, Nuridja & Dunia. (2014). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi terhadap Laba UD Surya Logam Desa Temukus Tahun 2010-2012. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. Vol 4, No 1.

Yusmeida, M & Zein, A.S. (2020). Pengaruh Penjualan Bersih Dan Beban Operasi Terhadap Laba Usaha Pada PT. Wilmar Cahaya Indonesia Tbk. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

http://www.idx.co.id Bursa Efek Indonesia, diakses tanggal 23 April 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.