Cyberdakwah: Pemanfaatan Media Pembelajaran Internet sebagai Sarana Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik

ASTRI DWI ANDRIANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan deskriptif mengenai cyberdakwah, bagaimana peran pemanfaatan media pembelajaran internet sebagai sarana meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam pembahasan ini adalah menggunakan library research atau telaah pustaka yang meliputi: pengidentifikasian secara sistematik, analisis dokumen-dokumen yang memuat informasi yang berkaitan dengan masalah kajian. Dalam kajian ini metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal- hal atau variabel yang berupa buku, surat kabar, jurnal, dan sebagainya. Dakwah melalui internet memiliki tingkat signifikansi yang besar: 1) setiap orang yang merasa membutuhkan asupan informasi keagamaan dapat melakukan pencarian melalui internet; 2) potensi pengguna internet setiap tahunnya semakin meningkat; dan 3) dakwah melalui internet telah menjadi alternatif bagi orang yang lebih memilih untuk menerima ajaran Islam melalui metode kontemporer, menyesuaikan diri dengan kehidupan modern manusia. Dengan melihat pemanfaatan media pembelajaran di internet diharapkan bisa menjadi sarana kecerdasan spiritual peserta didik. Dalam hal ini kecerdasan spiritual peserta didik, dibagi menjadi peningkatan keimanan peserta didik, peningkatan akhlak peserta didik, dan peningkatan kualitas ibadah peserta didik

Keywords


Cyberdakwah, Media Pembelajaran, Kecerdasan Spiritual, Peserta Didik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v4i1.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.