Strategi Unintentional Communication Co-branding Produk Implora Dan Relaxa (Studi Persepsi Pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto)

Sefy Andhriany, Adita Miranti

Abstract


Dalam strategi Unintentional Communication Co-branding dalam membangun strategi pemasaran. Implora dan Relaxa membentuk kemitraan yang bertujuan saling memperkuat brand dan mendapatkan perhatian publik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis lebih dalam persepsi mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto mengenai strategi Unintentional Communication Co-branding produk Implora dan Relaxa. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif dengan melibatkan informan sebagai narasumber. Hasilnya menunjukkan bahwa produk Co-branding yang dihasilkan oleh Implora dan Relaxa hanya mendominasi desain kemasan produk, dan tidak ditemukan spesifikasi yang diklaim oleh Implora dan Relaxa sebagai produk Lip Cream Matte yang memiliki tekstur matte.

Keywords


Strategi Co-branding, Unintentional Communication, Persepsi, Industri Kosmetik, Industri Makanan dan Minuman

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistika. (2021). Statistik Indonesia, Penyediaan Data Untuk Perencaan Pembangunan.

Fortenberry, J. L., & McGoldrick, P. . (2020). Do Billboard Advertisements Drive Customer Retention?: Expanding the ÄIDA"Model to “AIDAR.” Journal of Advertising Research, 60(2), 135–147.

Ha, T. M. (2021). The impact of product characteristics of limited-edition shoes on perceived value, brand trust and purchase intention. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1953680

Jakpat Survey. (2019). The Trend of Beauty Collaboration Product ± Jakpat Survey Report.

Keller, K., & Swaminathan, V. (2019). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity, 5th Global Edition (5th ed.). Pearson Education,Inc.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition (17th ed.). Pearson Education,Inc.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Makmun, N. (2022). Industri Kecantikan Tumbuh Pesat Berkat Platform Digital. Investor Daily.

Mulyana, D. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (22nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Newmeyer, C. E., Venkatesh, R., Ruth, J. A., & Chatterjee, R. (2018). A typology of brand alliances and consumer awareness of brand alliance integration. Marketing Letters, 29(3), 275–289. https://doi.org/10.1007/s11002-018-9467-4

Rogers, E. M., Singhal, A., & Quinlan, M. M. (2019). Diffusion of innovations. In An Integrated Approach to Communication Theory and Research. In An Integrated Approach to Communication Theory and Research (3rd ed., pp. 415–434). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203710753-35

Smith, I. S. (2008). Management consulting in action: Value creation and ambiguity in client-consultant relations (Ed. 4). Samfundslitteratur Publishers.

Soemirat, S., & Elvino Ardianto. (2017). Dasar-Dasar Public Relations. PT Remaja Rosdakarya.

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa. Guepedia Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v4i2.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.