STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN PADA WAHYU MULYO COLLECTION KLATEN

Julia Iglesia Marhendrajaya, Ali Arif Setiawan

Abstract


Perkembangan industri tekstil saat ini berkembang pesat. Banyaknya produk pakaian bermunculan menonjolkan keunggulannya masing-masing yang membuat persaingan bisnis pakaian semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan loyalitas konsumen pada Wahyu Mulyo Collection. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti ingin mendeskripsikan fakta, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi di Koleksi Wahyu Mulyo selama penelitian berlangsung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dimana teknik pengambilan sampel adalah sumber data dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan di Wahyu Mulyo Collection Klaten dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa Wahyu Mulyo Collection menerapkan seluruh komunikasi pemasaran yaitu advertising, personal selling, sales promotion, public relation dan direct marketing dalam upaya meningkatkan loyalitas konsumen. Adanya komunikasi pemasaran ini memudahkan pendekatan dengan konsumen. Beberapa konsumen menunjukkan minat terhadap Koleksi Wahyu Mulyo untuk melakukan pembelian berulang dan merekomendasikannya kepada konsumen lain.

Keywords


Strategi, Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Adnan P, Ahmad S. 2007. Public Relations Strategy Book. Bhakti Persada. Jakarta.

Asmajasari, Magdalena. 1997. Studi Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. UMM Press. Malang.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Cangara, Hafied. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers. Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Haryono, Tulus. 2012. Manajemen Prromosi. Surakarta. UNS Pres.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta. Bandung.

Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya on Segmentation Seri 9 Elemen Marketing. PT. Mizan Pustaka. Bandung.

Kotler, Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. New Jersey: Pearson.

Mufid, Muhamad. 2005. Komunikasi & Regulasi Penyiaran. Prenada Media. Jakarta.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Ghalia Indonesia. Bogor.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima : Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyality. Graha Ilmu. Jakarta.

Stanton, William. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Swastha, Basu. 2000. Manajemen Pemasaran Modern. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Umar, Husein. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v4i1.1344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.