PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA SUMBERBULU KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

Dita Peramusiwi, Christina Nur Wijayanti

Abstract


Media sosial merupakan suatu media dimana penggunanya dapat saling bersosialisasi maupun berinteraksi, berbagi informasi serta dapat menjalin kerjasama. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi banyak digemari karena biayanya murah bahkan tanpa biaya. Kegiatan promosi wisata yang digunakan banyak menggunakan media sosial karena di era sekarang ini promosi menggunakan media sosial dirasa lebih efektif dan efisien. Salah satu media sosial yang sangat popular digunakan untuk promosi adalah instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial Instagram sebagai media promosi dengan harapan dapat meningkatkan daya tarik bagi calon wisatawan. Desa Wisata Sumberbulu merupakan tempat penelitian dari skripsi ini. penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Sumberbulu melakukan promosi menggunakan instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur yang mendukung promosi yaitu fitur caption, reels, hashtag, pin feed, geotagging, instagram live, instagram story, dan instagram highlight. fitur reels dan fitur instagram story merupakan fitur yang paling efektif untuk menunjang promosi dan untuk fitur yang paling sedikit digunakan adalah fitur highlight.

Keywords


Media Sosial, Instagram, Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


Ardiansah, Irfan dan Anastasya Maharani. Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing. CV. Cendekia Press. Bandung 2020.

Estiana, Ria, Nurul Giswi Karomah dan Teddy Setiady. Efektifitas Media Sosial Sebagai Media Promosi pada UMKM. CV. Budi Utama. Yogyakarta 2022.

Faisal, Imam Agus dan Yuli Rohmiyati. Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 2019.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Salemba Humanika. Jakarta 2010.

Hermawan, Agus. Komunikasi pemasaran. Erlangga. Jakarta 2012.

Muaini. Kebudayaan dan Pariwisata. Penerbit Garudhawaca. Yogyakarta 2018.

Nasrullah, R. Media Sosial. Simbiosa Rekatama Media. Bandung 2015.

Nugroho, Thallita Affifah dan Farah Citra Azzahra. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Social Commerce usaha Bro.DO. Jurnal Pustaka Komunikasi, Vol 5, No. 1. Maret 2022.

Pratiwi, Aprilianti dan M. Girindra Madanacaragni. Instagram Sebagai Media Promosi Festival Pariwisata Kota Bogor. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 03 No. 01 Tahun 2020.

Purnama, Fransisca dan Rico Huang. New Jago Jualan Di Instagram. Alona Indonesia Raya. Jakarta 2018.

Puspitarini, Dinda Sekar dan Reni Nuraeni. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common. Vol. 3 No. 1. 2019.

Sukoco, Sampir Andrean. New Komunikasi Pemasaran:Teori dan Aplikasinya. CV. Pustaka Abadi. Jawa Timur 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v4i1.1345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.