(KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGURUS DAN SANTRIWATI DALAM MEMBINA AHKLAK DI PONDOK PESANTREN)

Aizatul Mukarromah, Ahmad Fauzi, Agus Ainul Yaqin

Abstract


Akhlak memiliki peran kursial bagi martabat manusia. Melibatkan tindakan tanpa pemikiran sadar, dan menjadi bagian penting dalam membentuk prilaku positif. Pembinaan akhlak yang efektif memerlukan bimbingan sesuai ajaran islam. Dan pesantren memainkan peran kunci dalam pembinaan akhlak melalui pengurus yang bertindak sebagai teladan,

Penelitian ini meneliti pola komunikasi interpersonal antara pengurus dan santriwati dalam membina akhlak di pondok pesantren AL-Fattah Jember, Jawa Timur. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal, serta hambatan dan solusi dalam membina akhlak, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi, yang dianalisi menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini menunjukan adanya komunikasi terstruktur antara pengurus, pengasuh dan santriwati. Dengan pendekatan pada keterbukaan, empati, dukungan, perasaan positif, dan kesamaan pengalaman. Elemen-elemen ini menumbuhkan hubungan interpersonal yang positif, yang penting untuk pengembangan pribadi dan spiritual. Namun, komunikasi menghadapi tantangan seperti karakter santri yang beragam, latar belakang pendidikan yang berbeda, penggunaan ponsel. Dan pengaruh luar, solusi yang diterapkan meliputi pendekatan individual, metode pengajaran modern, memberikan teladan, sesi kajian rutin, dan pengawasan yang teratur. Komunikasi interpersonal yang efektif sangat penting untuk keberhasilan pembinaan akhlak di pesantren,


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Akhlak, Santriwati

Full Text:

PDF

References


Sugiono.2023. metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:ALFABETA.

Sujarweni, V. Wiratna. 2023. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 15. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Rinawati, (2019), Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisai, pustaka baru press, Yogyakarta

Jurnal

Sirait, Ibrahim, Djafar Siddik, and Siti Zubaidah, ‘Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pengembangan Pendidikan Karaktek Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan’, Jurnal Edu Riligia, 1.4 (2017), 2.

Azeharie, Suzy, and Nurul Khotimah, ‘Pola Komunikasi Antarpribadi Antara Guru Dan Siswa Di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu, Jurnal Pekommas, 18.3 (2015), 213–24.

Sahabuddin, Chuduriah, ‘Komunikasi Interpersonal Guru Dan Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Tapalang Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju’, Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 8.1 (2016), 24–39.

Skripsi

Mutia Khanza Azzahrani, “Komunikasi Interpersonal Para Ustadz Dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau”(Uin Sultan Syarif Kasyim Riau, 2023).

Nur Lathifa Mutmainnah, “Komunikasi Interpersonal Antara Pembina Dan Santriwati Dalam Upaya Pembinaan Akhlak di Pondok Pesantren Modern Zam-Zam Muhammadiyah Cilongok Banyu Mas”(Uin Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v5i2.1377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.