Strategi Kampanye Politik Rahma – Rizha Hafiz Pada Pilkada 2024 Di Tanjungpinang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganali strategi kampanye politik yang diterapkan oleh Rahma Rizha Hafiz dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Tanjungpinang. Dalam konteks persaingan politik yang semakin ketat, strategi kampanye yang efektif menjadi kunci untuk memenangkan hati pemilih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemahaman lebih dalam tentang strategi kampanye politik di era digital serta menambah wawasan bagi calon pemimpin daerah lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi kampanye Politik Rahma – Rizha Hafiz menggunakan strategi push marketing, yaitu sosialisasi dengan cara blusukan, tatap muka kepada pemilih dengan memberikan bantuan sembako. Pull Marketing (media sosial), dan Pass Marketing (dukungan tokoh). Strategi kampanye pasangan Rahma-Rizha Hafiz menggambarkan upaya yang holistik dan terarah dalam meraih dukungan rakyat melalui pendekatan yang mencakup komunikasi langsung, pemanfaatan teknologi, serta kerja sama dengan berbagai pihak terkait. Kampanye ini tidak hanya berfokus pada isu-isu politik, tetapi juga pada perbaikan kualitas hidup masyarakat Tanjungpinang yang lebih inklusif dan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artikel dalam jurnal:
Dinata, R. A., & Andriyani, L. (2022). Strategi Kampanye Politik Partai Keadilan Sejahtera dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kota Depok. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global, 3(1), 37-46.
Moleong, J. L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif ( Edisi Revisi). Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nasira. 2016. Pemasaran Politik (Political Marketing) Pasangan Herman HN dan Yusuf Kohar pada Pilkada Bandar Lampung tahun 2015 (Studi Kasus Kelompok Pengajian Majlis Taklim Rachmat Hidayat). Skripsi. Lampung: Universitas Lampung
Nursal, A. (2004). Political Marketing Strategi Memenangkan Pemilu Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden, Jakarta: Gramedia.
Zerunisa, R. (2017). Political marketing kandidat dalam pemilihan kepala desa (pilkades)(studi kasus pilkades desa gentan kecamatan gantiwarno kabupaten klaten). Journal of Public Policy and Administration Research, 2(1), 100-104.
Internet (artikel dalam berita online)
Tujuh strategi Rahma – Rizha Hafiz atasi Stunting di Tanjungpinang. Diakses pada 21 Oktober 2024, dari https://gotvnews.co.id/tujuh-strategi-rahma-rizha-hafiz-atasi-stunting-di-tanjungpinang/2/
Wiranata, Ruzi. Rizha Hafiz: Parpol Koalisi Sepakat Gaungkan RAMAH untuk Pemenangan Pilkada Tanjungpinang 2024. Diakses pada 05 November 2024, dari https://www.batamnews.co.id/berita-113623-rizha-hafiz-parpol-koalisi-sepakat-gaungkan-ramah-untuk-pemenangan-pilkada-tanjungpinang-2024.html
DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v5i2.1382
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.