Strategi Pemasaran Politik Nasdem Rudi-Rafiq Menjelang Pilkada 2024 di Tanjungpinang

Iit Khoirun Nisa, Kustiawan Kustiawan, Elisa Gina Wardayani, Nadilla Zia, Alfitri Deslia Santi, Jodi Risky Novriwan Sianturi

Abstract


Penelitian ini menganalisis penerapan strategi pemasaran politik oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Muhammad Rudi dan Aunur Rafiq, dalam Pilkada Kepri 2024, khususnya di Tanjungpinang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tim sukses pasangan calon, yang dipimpin oleh Partai Nasdem, menggunakan tiga pendekatan utama dalam kampanye: Push Marketing, Pull Marketing, dan Pass Marketing. Push Marketing dilakukan dengan cara tatap muka langsung dengan warga, pengorganisasian acara publik, serta distribusi flayer. Pull Marketing difokuskan pada penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok untuk memperkenalkan program dan visi-misi pasangan calon. Sedangkan Pass Marketing dilakukan dengan membangun hubungan melalui silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan organisasi lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran politik yang diterapkan di Tanjungpinang Timur terbukti efektif dalam mengenalkan visi dan misi calon, mempererat hubungan emosional dengan masyarakat, serta meningkatkan dukungan.

Keywords


Strategi Pemasaran Politik, Pilkada, Tanjungpinang, Muhammad Rudi, Aunur Rafiq, Partai Nasdem, Push Marketing, Pull Marketing, Pass Marketing.

Full Text:

PDF

References


Buku:

Nainggolan,Bestian.Wahyu,Yohan.(2016).Partai Politik Indonesia 1999-2018 konsentrasi dan dekonsentrasi kuasa.Jakarta:kompas media Nusantara

Sayuti,Solatun Dulah.(2014). komunikasi pemasaran politik.Bandung: Remaja Rosdakarya

Artikel dalam jurnal:

Aminah, Aminah. "STRATEGI MARKETING POLITIK AZHAR ABDURRAHMAN DALAM MEMENANGKAN PEMILU LEGISLATIF

DPRA PERIODE 2019-2024." Journal of Political Sphere 1.1 (2020):1-

Chaffee, S. H., & Berger, C. R. (1987). Theories of Communication.

Longman.

Druckman, J. N. (2010). The Politics of Political Communication. Cambridge University Press.

GEOVANI, L. (2021). STRATEGI PARTAI NASDEM DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS PADA PEMILU TAHUN 2019 (STUDI DPW NASDEM PROVINSI LAMPUNG).

Jurdi, F. (2018). Pengantar Hukum Pemilihan Umum. Kencana.

Kaid, L. L., Baehaqie, I., & Rizal, M. (2021). Pemasaran Politik (Teori, Penelitian, dan Aplikasi): Handbook Penelitian Komunikasi Politik. Nusamedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.).

Pearson Education.

Niadharma, A. (2016). Strategi Pemasaran Politik Pasangan Sambari- Qosim Dalam Pemilihan Kepala Daerah Gresik 2015. Jurnal Politik

Muda, 5(3), 369- 374.

Nofisatira, M., & Liauw, G. (2024). STRATEGI PEMASARAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PARTAI ACEH DI

KABUPATEN ACEH SELATAN PROVINSI ACEH (Doctor dissertation, IPDN).

Ramadhany, A. N. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Politik Calon Walikota dan Wakil Walikota Samarinda Terhadap Partisipasi Pemilih Pada Pemilukada Serentak 2015. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 4(2).

Shynta, S., & Ubaidullah, M. A. (2023). Strategi Marketing Politik Nora Idah Nita Pada Pemilu Legislatif 2019-2024 Di Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 8(3).

Yudistira, Y. (2015). Pelembagaan Partai Nasdem. Journal of Governance and Policy, 2(1).

sumber Berita :

Muhammad Rizki Imami. (2024). Profil Aunur Rafiq, Bacawagub Kepri yang Mendampingi Muhammad Rudi di Pilkada 2024. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/bersatu-kawal-pilkada/2838833/profil- aunur-rafiq-bacawagub-kepri-yang-mendampingi-muhammad-rudi-di-

pilkada-2024

Sosmed Vnews. (n.d.). DPD NasDem Tanjungpinang Gelar Konsolidasi, Siap Menangkan Rudi dan Rahma di Pilkada 2024. Vnews.Click.

Retrieved September 24, 2024, from https://www.vnews.click/dpd- nasdem-tanjungpinang-gelar-konsolidasi-siap-menangkan-rudi-dan- rahma-di-pilkada- 2024/?fbclid=IwY2xjawGa1R9leHRuA2FlbQIxMQABHWBf23CDTdJfv MLjv_q8ouRIRFDLvCT41BwuyC2r8Z0To5BnBUQ3rzfveQ_aem_LN WfQezQWIuxDdTZAcNMmw&sfnsn=wiwspwa

Ashab, M. B. (2024). Rudi-Rafiq Kampanye di Tanjungpinang, Warga: Makin Pilihan Utama. Ulasan.Co.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v6i1.1413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.