STRATEGI KAMPANYE BUPATI NATUNA WAN SISWANDI PADA PILKADA 2020

Shiwy Wulandari, Kustiawan Kustiawan, Bunga Afrilia Dewi Asih, Mega Septi Triani, Indri Lestari, Beni Misandri

Abstract


Penelitian ini melihat strategi kampanye Wan Siswandi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Natuna 2020. Wan Siswandi dan wakilnya, Rodhial Huda, memperoleh 52,8% suara dari total 170 TPS. Keberhasilan ini tidak dipengaruhi oleh strategi kampanye yang efektif dan dapat diukur. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan studi literatur, penelitian ini menganalisis strategi kampanye yang digunakan dalam berita, jurnal, dan buku yang menjadi acuan peneliti secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis beberapa strategi kampanye yang digunakan Wan Siswandi untuk memenangkan Pilkada Natuna 2020, serta untuk mengetahui seberapa efektif strategi tersebut di tengah perlawanan pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye Wan Siswandi fokus pada beberapa aspek, terutama menggunakan teori Adman Nursal: Push Politic Marketing, Pull Politic Marketing, dan Pass Politic Marketing.


Keywords


Kampanye, Pilkada, Teori Adman Nursal, Wan Siswandi

Full Text:

PDF

References


Buku:

Firmanzah, (2012). Marketing Politik, Jakarta, Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Heywood, A. (2013). Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irtanto. (2008). Dinamika Politik Lokal Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) cet. 18, h.5

Nursal, Adman. (2004). Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Arbi Sanit, (1985) Perwakilan Politik Indonesia, CV. Rajawali, Yogyakarta.

Zuhro, Siti R, dkk. (2009). Demokrasi Lokal perubahaan dan kesinambungan Nilai-nilai BudayaPolitik Lokal Di Jawa Timur, Sumbar,S ulssel dan Bali.

Jurnal:

Damayanti, Novita dan Hamzah, Radja Erland. (2017). Strategi Kampanye Politik pasangan Jokowi-JK pada pemilihan Presiden 2014. Vol. 16 No. 2 Desember 2017, Hal 279-290.

Kustiawan, Winda dan Farhan, Ahmad Ulya, Dkk. (2022). Kampanye dalam Pemasaran Politik dan Brand Politik. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan manajemen (JIKEM), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Vol.2 No.1, 1672-1676.

Fatimah, Siti. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik : Esensi dan Strategi dalam Pemilu, Resolusi. Vol. 1 No. 1 Juni 2018, hlm 5-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v6i1.1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.