Peran Public Relations Dalam Implementasi Program CSR (Studi Khasus di PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko)

lovely pinaria, Dian Novita Kristiyani

Abstract


Bahasa Indonesia memiliki kekayaan warisan budaya yang tercermin dalam sektor pariwisata, termasuk pengelolaan destinasi wisata oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC). Badan Usaha Milik Negara di Indonesia, termasuk PT Taman Wisata Candi (TWC), memegang peranan penting dalam mendukung pembangunan berkelanjutan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Hubungan Masyarakat (Humas) PT TWC yang dijalankan oleh satu unit tertentu yang dibentuk sebagai fungsi pelaksana, yaitu unit TJSL. Peran Humas menjadi faktor strategis dalam keberhasilan pelaksanaan program ini melalui berbagai fungsi, yaitu sebagai expert prescriber, problem-solving process facilitator, communication facilitator, dan communication technician. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit TJSL PT TWC yang dibahas dalam penelitian ini sebagai Public Relations (PR) telah menjalankan perannya sebagai Public Relations. Tim TJSL PT TWC berperan sebagai expert prescriber dengan menyampaikan visi perusahaan kepada masyarakat. Sebagai fasilitator proses pemecahan masalah, tim ini memecahkan tantangan komunikasi melalui program CSR yang relevan dengan isu lokal. Peran fasilitator komunikasi diwujudkan melalui hubungan dan komunikasi dua arah antara perusahaan dan masyarakat, utamanya melalui media sosial Instagram. Fungsi terakhir dari seorang teknisi komunikasi adalah mempublikasikan kegiatan TJSL untuk keperluan monitoring dan evaluasi. Melalui peran humas yang efektif, program TJSL di PT TWC memberikan manfaat sosial, membangun reputasi perusahaan yang positif, memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan, serta menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat setempat.


Keywords


Corporate Social Responsibility; PT Taman Wisata Candi; The Role of Public Relations

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v6i1.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.