REPRESENTASI DIRI GENERASI Z MELALUI APLIKASI TIKTOK DI DESA GELAM
Abstract
TikTok kini menjadi platform yang sangat populer di kalangan generasi Z, khususnya di kalangan remaja. Aplikasi ini menjadi ajang bagi mereka untuk menampilkan citra positif melalui berbagai konten yang mereka unggah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai bagaimana generasi Z di Desa Gelam mempresentasikan diri mereka di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus pada kehidupan sosial, perilaku, dan aktivitas masyarakat yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Empat informan terlibat dalam penelitian ini untuk memberikan data yang lebih mendalam.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa generasi Z memanfaatkan TikTok sebagai media untuk menampilkan citra terbaik mereka. Mereka sering mengunggah video-video yang tengah tren dengan harapan dapat menarik perhatian publik dan memperoleh popularitas. Meski menyadari adanya dampak positif dan negatif dari penggunaan TikTok, generasi Z tetap aktif menggunakannya. Mereka melihat TikTok sebagai sarana untuk unjuk gigi, mengisi waktu luang, dan berekspresi. Selain itu, mereka sering menonton jenis konten seperti tutorial, tips dan trik, serta video sketsa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Jurnal
Achsa, Hatmi Prawita, and M. Arif Affandi, ‘12966-16752-1-Pb’, REPRESENTASI DIRI DAN IDENTITAS VIRTUAL PELAKU ROLEPLAY DALAM DUNIA MAYA (‘Permainan Peran’ Hallyu Star Idol K-Pop Dengan Media Twitter), 03 (2015), 1–12
Aisyah, Siti, Tuti Bahfiarti, and Alem Febri Sonni, ‘VIDEO BLOG SEBAGAI MEDIA REPRESENTASI DIRI VLOGGER DI KOTA MAKASSAR Video Blog As Vlogger Self Representation Media In City Of Makassar’, Jurnal Komunikasi KAREBA, 7.1 (2018), 74–82
Apriyanti, Yoki, Evi Lorita, and Yusuarsono Yusuarsono, ‘Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah’, Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6.1 (2019)
Azizah, Fany Nur, ‘Representasi Diri “Generasi Z” Melalui Media Sosial Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Kelas 4a2 Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif)’, Prosiding Konferensi Nasional Sosial Dan Politik (KONASPOL), 1 (2023), 129
Husna, Asmaul, and Yuhdi Fahrimal, ‘Representasi Perempuan Berdaya Pada Akun Instagram @rachelvennya’, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25.2 (2021), 131
Jannah, Miftahul, ‘Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Wanita Yang Memiliki Fanatisme K-Pop Di Samarinda’, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2.1 (2014), 34–40
Jannah, Rouzatul, Fakultas Dakwah, D A N Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-raniry, and Banda Aceh, Rouzatul Jannah_170401055_Fdk Kpi, 2021
Nasution, Awal Kurnia Putra, ‘Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z’, Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13.1 (2020), 80–86
OKTAVIANY, FRISCA, ‘REPRESENTASI DIRI MAHASISWI BERJILBAB DALAM PERSPEKTIF TEORI DRAMATURGI ERVING GOFFMAN (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Dakwah Angkatan 2019 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)’, 2023
Purnomo, Agung, Nur Asitah, Elsa Rosyidah, Andre Septianto, Margi Dwi Daryanti, and Mega Firdaus, ‘Generasi Z Sebagai Generasi Wirausaha’, 2019, 1–4
Rosdina, Ade, and Nurnazmi, ‘Dampak Aplikasi Tik Tok Dalam Proses Sosial Di Kalangan Remaja Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima’, EduSociata: Jurnal Penidikan Sosiologi, 4.1 (2021), 100–109
Salamah, Robi Hasanatun, Sarah Dhiba Rangkuti, and Santi Noviyana, ‘Penerapan Fitur-Fitur Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Sma/Smk’, J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9.2 (2021), 84–94
Sa’adah Nur Ai, Rosma ayu, Aulia Dea “Persepsi Generasi Z Terhadap Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok” (2022), 1-2
Buku
Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami
sugiyono Prof, D. (2011). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro (PDFDrive). pdf. Bandung Alf, 143
Creswell, hohn, w. research design pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka 2016.
Romli Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v6i1.1456
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.