Gaya Komunikasi Dosen di Universitas: Respon Mahasiswa terhadap Gaya Komunikasi Dosen dalam Mengajar

Mubaddilah Rafa’al

Abstract


Penelitian ini berjudul Gaya Komunikasi Dosen di Universitas: Respon Mahasiswa Terhadap Gaya Komunikasi Dosen Dalam Mengajar dan rumusan masalah bagaimanakah respon mahasiswa terhadap gaya komunikasi dosen dalam mengajar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap gaya komunikasi dosen dalam mengajar. Peneliti menggunakan pendekekatan kuantitatif dengan metode survei dan jenis/tipe yakni deskriptif dengan membagikan kuesioner kepada 88 responden mahasiswa, kemudian dari hasil yang didapatkan dan diolah dengan bantuan SPSS Versi 21 yakni Untuk nilai modus (mode) yang diperoleh adalah 116 dan 122 dengan masing-masing memiliki frekuensi. Hal ini menunjukkan bahwa nilai modus yang diperoleh subjek berada pada kategori sedang. Untuk nilai median yang diperoleh adalah 118,5 menujukkan berada pada kategori sedang. Nilai mean (rata-rata) yang diperoleh adalah 119 sehingga secara nilai rata-rata skor respon mahasiswa terhadap gaya komunikasi dosen berada pada kategori sedang. Sedangkan untu nilai standart deviation yang diperoleh adalah 9,023. Apabila angka varian mendekati angka 0 maka data pada sampel penelitian tidak terdistribusi secara merata. Berdasarkan data dari standar deviasi diperoleh 9,023 yang artinya data tersebut tersebar secara merata. Perhitungan jumlah keseluruhan kategori respon, Respon mahasiswa Terhadap Gaya Komunikasi Dosen dalam Mengajar adalah 86 (98%) orang kategorikan sedang di skor 81 – 121  yang artinya penilaian mahasiswa terhadap gaya komunikasi dosen, baik respon berupa penilaian maupun saran tergolong positif atau baik sedangkan sisanya 2 orang (2%) di skor 122 – 162 dikategorikan tinggi. Rata-tata penilaian mahasiswa terhahap gaya komunikasi dosen menujukkan sepuluh gaya komunikasi yang digunakan secara keseluruhan dalam pembelajaran.

Keywords


Respon; Gaya Komunikasi; Mengajar

Full Text:

PDF

References


Allen, J. L., Rybczyk, E. J., & Judd, B. B. 2006. Communication Style and the Managerial Effectiveness of Male and Female Supervisors. Journal of Business & Economics Research, 4, 7 – 18.

Cangara, Hafid. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Jelita, Dahlan, D., Bobi , R., & Sangadji, S. S. (2020). The Work Motivation Effect of Meter Recording Employees in Drinking Water Company At Tidore City. Indonesian Journal of Agribusiness Management and Economic Sciences , 1(1), 10-14. Retrieved from http://e-journal.univ-nuku.ac.id/index.php/IJAMES/article/view/11

Karniyati, A., Suhardi, S., & Sangadji, S. (2019). Peran Penyuluh Pertanian dalam Pemberdayaan Kelompok Tani di Desa Ampera Kecamatan Oba Utara Kota Tidore Kepulauan. Aksara Public, 3(2), 99-108. Retrieved from http://www.aksarapublic.com/index.php/home/article/view/236

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mutawakkil & Nuraedah.2019. Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol.3. No. 2. Hal. 25 – 42.

Ni Luh Putu Ekayani. 2017. Pentingya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: ReasechGate.

Pijar Suciati, Mareta Maulidiyanti dkk. 2018. Pengaruh Gaya Komunikasi Dosen dalam terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa HUMAS Program Pendidikan Vokasi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Vol. 1. No. 1. Hal. 15 – 20.

Rakhmat, Jalaludin. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung : PT. Bandung Rosadakarya.

Sangadji, S. (2018). Profitability Analysis of Terubuk Farming (Saccharum Edule Hasskarl) in Subdistrict Tosa District of East Tidore of Tidore Island. Jurnal Akrab Juara, 3(2), 168-174. Retrieved from http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/204

Sangadji, S., Suhardi, S., & Ali, C. P. M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 142-157. Retrieved from http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/optimal/article/view/1862

Sangadji, S. S. (2018). Peran Strategis Perguruan Tinggi dalam Perspektif Pembangunan Daerah di Provinsi Maluku Utara. https://doi.org/10.31219/osf.io/xf9kg

Sendjaja, S.Djuarsa. 1996. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Suranto, Aw. 2011. Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Universitas Terbuka

Tubbs, L., Stewart & Moss, Sylvia. 2008. Human Communication: Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v1i2.412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.