Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Primaya Hospital Evasari Jakarta
Abstract
Komunikasi Kesehatan menjadi isu penting saat ini dalam meningkatkan pelayanan isntitusi kesehatan seperti Rumah Sakit. Peningkatan citra pelayanan kesehatan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Bagi Rumah Sakit swasta peningkatan mutu pelayanan dibutuhkan untuk membangun citra institusi. Hubungan Masyarakat (Humas) mengambil peran untuk menjaga pelayanan distribusi informasi dari internal dan eksternal berjalan dengan baik.
Primaya Hospital Evasari merupakan salah satu Rumah Sakit yang ada di kawasan Jakarta Pusat. Tujuan penelitian ini ingin menlihat bagaimana peran Humas dalam meningkatkan mutu pelayanan, dimana Primaya Hospital Evasari dikenal sebagai Rumah Sakit Ibu dan Anak, yang melakukan re-branding menjadi Rumah Sakit Umum.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan konsep-konsep Peran Humas Rosady Ruslan dan konsep mutu pelayanan mengacu pada Parasurama. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif, dengan menggunakan teknik triangulasi,yang bertujuan untuk menjelaskan dengan sedalam–dalamnya diamana penelitian ini menggali kebenaran informasi melalui metode dan sumber perolehan data.
Temuan penelitian, Humas Primaya Hospital Evasari mempunyai peran penting dan mendorong keberhasilan dalam meningkatkan mutu pelayanan yang dalam hal menjadi communicator, membina relationship, dan membangun coorporate Image. Sedangkan mutu pelayanan di Primaya Hospital Evasari mengalami peningkatan tangible, responsive, Assurance serta Empaty.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Christina, S., Sitinah, S., Kuniawati, L. S., Sandi, F., & Marta, R. F. (2021). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Antavaya Melalui Program Acara Celebrity on Vacation Trans TV. Tuturlogi, 02(01), 25–38. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.002.01.2
Darmawan, B., & Cahyani, N. (2019). Perencanaan Strategi Public Relations Garuda. MetaCommunication; Journal Of Communication Studies, 4(2), 249–258.
Elian, Novi; Lubis, Djuara P ; Rangkuti, P. A. (2014). Penggunaan Internet Dan Pemanfaatan Informasi. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 12(2), 104–109.
Enggarratri, I. D. (2017). Peran Media Massa Sebagai Pendukung Citra Organisasi. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 43. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.9
Fernando, J., Sya, M., & Marta, R. F. (2019). Amalgamation as a Strengthening Ethic. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 35(2), 334–341. https://doi.org/10.29313/mimbar.v35i2.4863
Furqon, M. A., Hermansyah, D., Sari, S., Sukma, A., Akbar, Y., & Rakhmawati, N. A. (2018). Analisis Sosial Media Pemerintah Daerah di Indonesia Berdasarkan Respons Warganet. Jurnal Sosioteknologi, 17(2), 2–4.
Haryani, S., Sahar, J., & Sukihananto, S. (2016). Penyuluhan Kesehatan Langsung dan melalui Media Massa Berpengaruh terhadap Perawatan Hipertensi pada Usia Dewasa Di Kota Depok. Jurnal Keperawatan Indonesia, 19(3), 161–168. https://doi.org/10.7454/jki.v19i3.469
Hidayat, T. W. (2015). Analisis Berita Kesehatan di Media Massa terhadap Pelayanan Publik. Jurnal Simbolika, 1(September), 137–153.
Huda, M., Hehsan, A., Jasmi, K. A., Mustari, M. I., Shahrill, M., Basiron, B., & Gassama, S. K. (2017). Empowering children with adaptive technology skills: Careful engagement in the digital information age. International Electronic Journal of Elementary Education, 9(3), 693–708. https://www.iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/184
Irawan, D., & Venus, A. (2016). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Keluarga Berencana Jakarta Barat. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 122–132. https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n2.1
Japarianto, E., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35-43
Krisna, B., & Sudibyo. (2020). Upaya Komunikasi Pemasaran Start-Up Pada PT. Moka Indonesia. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(1), 249–256.
Mahfuzhah, H., & Anshari, A. (2018). Media Publikasi Humas Dalam Pendidikan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 137–149. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.395
Martua, J., & Rahma. (2017). Peran Birokrasi Pemerintah sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik. 20(1), 21–30. https://doi.org/10.31227/osf.io/5xvew
Raturoma, J. M. A., & Wijaya, L. S. (2019). Aktivitas Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Citra Taman Wisata Candi Borobudur. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 114–125. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v10i2.916
Rice, R. E., & Giles, H. (2016). The Contexts and Dynamics of Science Communication and Language. Journal of Language and Social Psychology, 36(1), 127–139. https://doi.org/10.1177/0261927X16663257
Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. In Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual-Parasuraman_ dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen ). Jurnal Dialektika, 4(1), 45–64.
Sitinah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di PT. Serasi Logistics Indonesia. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 1(2), 190–204.
Sitinah. (2020). Strategi Komunikasi Humas dalam Meningkatkan Citra Rumah Sakit Medirossa 2 Cibarusah Cikarang Jawa Barat. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 2(1), 205–217.
Sitinah, & Sofiawati, S. (2021). Strategi Komunikasi Bisnis Quadro Helix Dalam Digitalisasi Umkm Jabodetabek. Komunikata57, 2(1), 44–51. http://ejournal-ibik57.ac.id/index.php/komunikata57/article/view/238
Sitinah, Sofiawati, S., Fernando, J., & Hidayati, R. K. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Membentuk Personal Branding Generasi Milenial. Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, 09(01), 1–14. https://doi.org/10.22236/komunika.v9i1.7892
Sofiawati, S. (2019). Sikap Siswa Siswi SMA Bina Dharma Ciracas Jakarta Timur Terhadap Tayangan Sinetron Anak Jalanan Di RCTI. Visioner : Jurnal Penelitian Komunikasi, 1(April), 31–42. http://ojs.mputantular.ac.id/index.php/vis/article/view/177
Syarah, M. M., & Prastika, E. R. (2020). Strategi Humas Dalam Menyampaikan Informasi Terkait Eksistensi Taman Mini Indonesia Indah ( TMII ) di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Public Relations-Jpr, 1, 97–101.
van Oort, P. J. S., Maaskant, J. M., Smeulers, M., van Oostrum, N., Vermeulen, E., & van Goudoever, J. B. (2019). Participation of Parents of Hospitalized Children in Medical Rounds: A Qualitative Study on Contributory Factors. Journal of Pediatric Nursing, 46, e44–e51. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2019.02.033
Wiwitan, T. (2005). Upaya Pemulihan Citra Perum Perhutani: Studi Manajemen Public Relations. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(1), 127–146. https://doi.org/10.29313/mediator.v6i1.1183
Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid -19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazineealthy Magazine, 2(1), 187–192. https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh
Zainal, A. G., & Sarwoprasodjo, S. (2018). Strategi Komunikasi Politik Pemerintahan Daerah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pedesaan (Studi Program “Bupati Ronda” di Kabupaten Lampung Tengah). MetaCommunication; Journal Of Communication Studies, 3(1), 54–66.
DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v3i1.843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.