Pembuatan Aplikasi Mobile Helpdesk Ticketing System dalam Penyampaian Aspirasi pada Perguruan Tinggi

Harum Mu’alimus Shidiqi, Abdillah Baradja, Tri Irianto Tjendrowasono

Abstract


Komunikasi yang efektif antara mahasiswa, dosen dan staf merupakan elemen penting dalam pendidikan tinggi. Namun, sering terjadi masalah dalam proses komunikasi karena kurangnya perhatian terhadap proses komunikasi yang terjalin. Salah satu kendala adalah tidak adanya sistem terpusat untuk menampung aspirasi, pertanyaan atau keluhan mahasiswa, yang mengakibatkan tidak ada kejelasan dan tindak lanjut terhadap aspirasi yang disampaikan. Dalam upaya untuk meningkatkan proses komunikasi ini, penting untuk mengimplementasikan sistem Helpdesk Ticketing System yang efisien di perguruan tinggi. Sistem ini memungkinkan mahasiswa untuk mengajukan aspirasi, pertanyaan atau keluhan secara langsung kepada dosen atau staf dan mendapatkan informasi mengenai status dan tindak lanjut aspirasi, pertanyaan atau keluhan yang disampaikan. Dengan adanya sistem Helpdesk Ticketing System, proses komunikasi antara mahasiswa, dosen dan staf akan menjadi lebih terstruktur, transparan, dan akuntabel. Penerapan Helpdesk Ticketing System memiliki manfaat yang signifikan. Pertama, mahasiswa dapat dengan jelas menyampaikan aspirasi, pertanyaan, atau keluhan kepada dosen dan staf yang berwenang. Kedua, sistem ini memungkinkan respons yang cepat dari pihak perguruan tinggi terhadap aspirasi mahasiswa. Ketiga, aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan perguruan tinggi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.