PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KACANG SANGRAI: STUDI KASUS DI UMKM KACANG SANGRAI SARI PANGAN KECAMATAN NGADIROJO, WONOGIRI
Abstract
This research aims to determine the influence of product quality, price, and service quality on the decision to purchase oven roasted peanuts among consumers of roasted peanut juice, both partially and simultaneously. The population in this study were consumers of peanut products who had made purchases at the food essence factory in Ngadirojo sub-district, where the exact number is not yet known. Sampling in this research used non-probability sampling with a sample of 100 respondents. The analytical method used is multiple linear regression analysis, t test, f test and coefficient of determination. The results of this research show that in particular, perceptions of product quality, price, and service quality have a positive and significant effect on purchasing decisions. The coefficient of determination shows that 74.5% of the variables of price perception, brand image and product quality influence purchasing decisions. Meanwhile, the remaining 25.5% was influenced by other variables not studied.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina & Shinta. (2019). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Angipora, Marius. (2011). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Arif Bowo Prayoga K, Carline Bernando Halomoan Samosir. Pengaruh Perepsi
Buchari.A. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Buchari.A. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Elfani, R. & Trisnowati, J. (2024). Pengaruh Harga, Promosi dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Surakarta). Surakarta Management Journal, 6(1), 70-80.
Enervon-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis. Volume 1. Nomer 3. November 2015
Foster. 2016. Impact Of Brand Image On Purchasing Decision On
Ghozali, Imam. 2002. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang :Badan Penerbit. Universitas Diponegoro.
Gus. Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Harga DanPromosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk
Hartimbul, Ginting. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan2.Edisi Ke12. Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary,Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Dua Belas, Jilid 2. Alih Bahasa: Bob Sabran, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip dan Lane, Keller Kevin.(2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid I. Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran.Edisi Milenium.Jakarta: PT Prenhallindo
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran.Edisi Milenium.Jakarta: PT Prenhallindo
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13, Jilid 1.Terjemahan: Bab Sabran.Jakarta: Erlangga
Latifah, E. & Widiastuti, E. (2023). Pengaruh Ulasan Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Marketplace Shopee di Kabupaten Sragen. Surakarta Management Journal, 5(2), 107-117.
Mineral Water Product “Amidis”(Case Study On Bintang Trading Company). American Research Journal Of Humanities And Social Sciences. Volume 3.
Monica Maria dan Muhammad Yusak. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen. Jurnal manajemen teori dan terapan. Volume 6. Nomer 1
Njoto, T. K. (2006). Pengaruh Desai Kemasan, Cita Rasa, dan Variasi Produk Terhadap keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugrah. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 1(4) Nomor 455-463.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. (2000). Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 2. Edisi 4. Diterjemahkan oleh: Damos Sihombing. Jakarta:Erlangga.
Philip Kotler Implementasi pemasaran, 2000 Edisi ke 11
Rawis C.T.A.L (2020). Analisis keuntungan uasaha industry kacang sangrai febri di desa kanonang 3 kecamatan kawangkoan induk. Jurnal Agribisnis dan pengembangan pedesaan, Volume 2(1) Nomor 1-6
Shimp Terence. (2003). Periklanan Dan Promosi. Jakarta: Airlangga Bob
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sunyoto, Danang. (2012). ”Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran”.Yogyakarta Penerbit CAPS.
Sunyoto, Danang. 2011. Metodologi Penelitian Ekonomi. CAPS: Yogyakarta.)
Swastha, Basu dan Handoko, H., 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE.
Tatik, Suryani.(2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu
Thata, A. F. (2020). Dampak covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lenteral Bisnis, Volume 2(1). Nomor 147-153.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI.
Trisnowati, Juni dan Sari, Renza Dian Nur Indah (2021). Kajian Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kecantikan Merek Oriflame Yogyakarta. ProBank. Vol. 6 No. 2: 264-271.
Trisnowati, J. & Yumarti, N. A. (2023). The Influence of Product Quality, Packaging, and Promotion on Purchasing Decisions Tempeh Chocolate Awicho Ngawi. Jurnal Ekuisci, 1(1).
Wicaksono, Muhammad. 2007. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jakarta:Bumi Aksara.
Widyaningrum, V. R., Trisnowati, J. & Pujiani, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Teh Merk Gambyong (Studi Kasus di Pondok Gambyong dan Homestay Karanganyar). Surakarta Management Journal, 5(1), 1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.52429/smj.v6i2.1410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.