PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. INDOMARTCO PRISMATAMA (INDOMARET) CABANG KLATEN

Ryan Ibnu Wijayanto, Erni Widiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Klaten.

Penelitian ini merupakan studi kasus kuantitatif, data priimer diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh nasabah, sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis menggunakan uji regresi linier, uji t dan uji koefisien determinasi (R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dapat dikatakan bahwa hipotesis 1 pada penelitian ini dapat diterima, Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dapat dikatakan bahwa hipotesis 2 pada penelitian ini dapat diterima, dan Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dapat dikatakan bahwa hipotesis 3 pada penelitian ini dapat diterima. Selanjutnya Kualitas pelayanan, kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dapat dikatakan bahwa hipotesis 4 pada penelitian ini dapat diterima.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Anak Agung Sagung Istri Indriani dan I Nyoman Nurcaya, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Promosi Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pelanggan Pada PT. Auto Bagus Rent A Car Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 5, 2015 : 1301-1321 ISSN: 2302-8912

Aulia, Maslikhatul.2017,”Pengaruh kualitas produk kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen Amanda Brownies” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 5, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta

Azwar, Saefudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Babin, I. Barry, et.al, 2005. Modelling consumer Satisfaction and word odf mouth restaurant Patrorage in Korea. The journal of Services Marketing, Vol 9. No. 3.p.133-139.

Basu Swasta. 2007, Marketing Management, Jakarta: PT Indeks Burhan Bungin, 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana.

Cheung, et al. 2007. Revisiting Promosi in Communications a cross national exploration, (Online), Vol. 15, No.3. 235 249, (www.emeraldinsight.com, diakses 5 Juli 2020).

Deasy Prameswari & Anik Lestari A, 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa terhadap Promosi dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Antara (Studi pada Biro Perjalanan Umum Rosalia Indah Surabaya), Jurnal Bisnis dan Manajemen (BISMA), Volume 3, No. 1, Agustus 2010

Elin Intan Anggraini, 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Pembeli yang juga Menggunakan Kosmetik Wardah di Counter Wardah Matahari Department Store Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 73 No. 1 Agustus 2019.

Eka Dyah Setyaningsih, 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Melalui Minat Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan E-Banking Pada BANK BNI, Jurnal Ekonomi Bisnis. Volume 22, No.1, April 2017.

Engel, James F, et al. 1994. Perilaku Konsumen Edisi 6, Jilid 1. (Alih bahasa: Drs.

FX Budiyanto). Jakarta: Binarupa Aksara.

Fandy Tjiptono. 2005. Prinsip-prinsip Total Quality Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Firnan Aditya Adjie Nugraha, Suharyono, dan Andriani Kusumawati. 2015. Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 22 No. 1. Hlm 1-7.

Herry, Widagdo. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Me puter Pada PT. XYZ Palembang. Jurnal Ilmiah STIE Multi D ng. Vol 1 No. 1. Hlm. 1-10

Hasan, Ali. 2009. Marketing. Yogyakarta: MedPress.

. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Medpres.

. 2013. Marketing dan Kasus Kasus Pilihan. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Hermawan Kertajaya, 2004. Memenangkan Persaingan dengan Segi tiga

Diferensiasi, Positioning, dan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hendri sukotjo dan Sumanto Radix A. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Participant, Process, dan Physical Evidence) Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis.

Huda, Furqon. 2011. Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Prilaku WOM (Promosi) Konsumen Jasa Angkutan Bis Antar Kota Antar Propinsi Kelas Eksekutif di PO Rosalia Indah Tahun 2010. Surakarta: UNS Press

Junaidi, 2010. Prosedur Uji Chi Square. Jurnal Researchgate. https://www.researchgate.net/publication/277953672 diakses tanggal 10 Juli 2020, Pukul 11.30 WIB.

Kiki Joesyiana, 2018. Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Valuta Vol. 4 No 1, April 2018 ISSN : 2502-1419 71

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2007. Manjemen Pemasaran. Edisi 11 Jilid 2.

Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

. 2008. Manjemen Pemasaran terj: Benyamin Molan. Edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

. 2009. Manajemen Pemasaran terj: Bob Sabran.

Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

Lucky Puspita, Edy Yulianto, dan Sunarti, 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Kepada Konsumen Charles & Keith Di Tunjungan Plaza Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 34 No. 1 Mei 2016.

Lovelock, et, al, 2011, Service Marketing People Technology Strategy, New Jersey Prentice Hall Upper Sadle River.

Yenny Listiyani Yunita, dan Vika Oktaria, 2013. Pengaruh Produk, Kualitas Layanan, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Di De Boliva

Signature Sutos. Jurnal Hospital dan Manajemen Jasa. Vol. 1. No. 2. Tahun 2013.

Maulydha Zulvia, Asminah Rachm, 2018. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Lipstik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang), J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, Volume:4 Nomor:1, Juni 2018. ISSN: 2407-3741 E-ISSN: 2407-5523

Parasuraman, A. Zithaml., Valerie. A., Berry, Leonard L. 2008. Serqual: A Mutile- Item Scale for Measuring Consumer Preceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol 64. No. 1. Hlm. 12-40

Risa Fadhila, 2013. Analisis Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Toko LEO Fashion Karangjati Kabupaten Semarang),.Semarang: Undip.

S Rizal, M Munawir, 2017. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Menggunakan Mobile Banking (M-Banking) Pada Bank BCA Cabang Banda Aceh, Jurnal EMT KITA Vol. 1 No. 2, hal. 68-78

Septadianti, Diska Putri & Prapti NSS, Rr. Lulus. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen di Alfamart (study kasus Alfamart waralaba: PT. Alfariatri Jaya jalan Plamongan Indah Raya), Jurnal Dinamika Manajemen, Vol. 1, No. 1 Maret 2012, Hal. 53-65.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sunarto, 2004, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta: Penerbit AMUS, UST Press.

Supranto dan Nandan, 2007, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis, Edisi Pertama, Jakarta: Penerbit PT. Mitra Wacana Media.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundaram, D.S, et al. 1998. Promosi Communication: a Motivational Analysis. Advances in Consumer Research. Vol.25:527-531. (Online), (http//www.emerald library.com,diakses 3 juli 2020).

Sriwardaningsih Enggal, 2011, Promosi Sebagai Efek Respon Positif Dari Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Pembelian Kembali: Studi Kasus Mahasiswa Sebagai Konsumen Yoghurt Activa, Binus Business Review, Vol. 2 No. 1, p.477-484

Vincent Gaspersz. T, 2005, Total Quality Manajemen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/smj.v3i2.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.