PENGARUH GROWTH OPPORTUNITIES DAN RISIKO BISNIS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Dian Ardiyanti, Sarsiti Sarsiti

Abstract


The research objective is to analyze the effect of growth opportunities and business risk on firm value. Companies have a long-term orientation to maintain their survival making value creation an important thing to achieve. In investment, the conceptual factors that investors consider are prospect and risk information which are the focus of the current study. This study used samples of property, real estate and building construction companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The sample was selected according to purposive sampling technique and the final sample was 29 companies. The observation period is 3 years from 2018-2020. In accordance with the research objectives, data analysis requires multiple linear regression methods. Based on data analysis, all hypotheses are supported. The results indicate that growth opportunities and business risk influence firm value. This study confirms that both investment concepts are important factors in the formation of firm value.

Keywords


growth opportunities, business risk, firm value

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. D. (2018). Pengaruh Pengungkapan Risiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI):Review Konseptual. The 9th Industrial Research Workshop and National Seminar (pp. 531-536). Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Aditya, W., Wiharno, H., & Nurfatimah, S. N. (2021). Pengaruh Likuiditas Saham, Kesempatan Bertumbuh dan Profitabilitas Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Sub Sektor Perdagangan Besar yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Jurnal Riset Keuangan dan Akuntansi, 7(2), 103-112.

Agustin, S., & Wahyuni, D. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(4).

Alwan, R., & Riduwan, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Respon Investor. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8(9).

Andreas B., K., & Wirjawan, R. S. (2022). Pengaruh Risiko Bisnis dan Faktor Lainnya Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi TSM, 2(2), 971-988.

Angela, C., & Iskak, J. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Growth Opportunities, dan Firm Size Terhadap Earning Response Coefficient. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(3), 1286-1295.

Annisa, D., Akmarina, A., & Alyani, N. (2021). Pengaruh Nilai Perusahaan, Kinerja Perusahaan, dan Kesempatan Bertumbuh Terhadap Return Saham Perusahaan Keluarga dengan Ukuran KAP sebagai Pemoderasi. Economic, Accounting, Management and Business, 4(1), 31-40.

Arif. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Return on Equity, LIkuiditas dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi, I., & Sujana, I. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26(1), 85-110.

Dzahabiyya, J., Jhoansyah, D., & Danial, R. D. (2020). Analisis Nilai Perusahaan dengan Model Rasio Tobin'Q. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara, 3(1), 46-55.

.Ginting, F. G., Saerang, I. S., & Maramis, J. B. (2020). Pengaruh Risiko Bisnis, Risiko Finansial dan RIsiko Pasar Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank BUMN Periode Tahun 2011-2018. Jurnal EMBA: Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 252-261.

Harahap, R. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 175-187.

Kristianto, G., Ramadhanti, W., & Bawono, I. (2020). Pengaruh Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Motivasi Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi, 22(1), 53-68.

Listihayana, Y., & Astuti, S. (2020). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Growth Opportunitity, dan Risiko Sistematis Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 64-71.

Maria, M., Wiagustini, L., & Sedana, I. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Liquiditas Terhadap Profitabilitas Di Perusahaan Esperanca TimorOan (ETO) Dili Timor-Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 8(1), 23-40.

Nathanael, R. F., & Panggabean, R. R. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitasm Leverage dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Jurnal Akuntansi, Auditing dan Keuangan, 17(2), 175-200.

Oktavianna, R. (2021). Pengaruh Agresivitas Pajak dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Moderasi. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 14(2), 241-250.

Putri, A., Djazuli, A., & Choiriyah, R. (2019). Pengaruh Ukuran, Pertumbuhan dan RIsiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan yang Tergabung Dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. BALANCE Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 4(2), 607-621.

Qori'ah, A. (2019). Analisis Determinan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta, Jurusan Manajemen. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi.

Rahmi, M. H., & Swandari, F. (2021). Pengaruh Risiko Bisnis dan Ukuran Perusahan Terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), 67-76.

Salsabilla, S., & Rahmawati, M. I. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 10(1), 1-20.

Sianipar, K. N., Sinaga, V., Claudia, Y. C., & Sari, I. R. (2022). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity, Ukuran Perusahaa dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2018-2020. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2036-2049.

Soetjanto, J. R., & Thamrin, H. (2020). Analysis of Factors That Affect Firm Value of Consumer Goods Industry Listed on Indonesia Stock Exchange. International Journal of Scientific and Research Publications, 10(5), 1-8.

Sukmadijaya, P., & Cahyadi, I. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 19(1a), 32-41.

Sulistyaningsih, & Gunawan, B. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risk Management Disclosure. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 1, 1-11.

Taufiq, A. (2016). Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ulum, I. (2015). Intellectual Capital Konsep dan Kajian Teoris. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Weston, J. F., & Copeland, T. E. (1999). Manajemen Keuangan (9 ed.). Jakarta: Binarupa Aksara.

Wiagustini, N. P., & Pertamawati, N. P. (2015). Pengaruh Risiko Bisnis dan Ukuran Perusahaan Pada Struktur Modal dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 9(2), 112-122.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.