PENGARUH DIMENSI STRATEGI POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MOM MILK DI KOTA SOLO

Muhammad Kurniawan, Slamet Djauhari

Abstract


This study aims to determine the effect of product attributes, benefits, use, kompetitors, product categories and price on consumers purchasing decisions at Mom Milk in the city of Solo either partially or simultaneously.Hypothesis in this research are: product attributes, benefits, use, kompetitors, product categories and price have effect on consumers purchasing decisions at Mom Milk in the city of Solo either partially or simultaneously.The data needed in this study is the primary data obtained by questionnaire method from the sample of 100 respondents. Data analysis used in this research is regression linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.The results of data analysis in this study can be concluded that product attributes, benefits, use, kompetitors, product categories and price have significant effect on consumers purchasing decisions at Mom Milk in the city of Solo either partially or simultaneously.

Keywords


Product Attributes, Benefits, Use, Competitors, Product Categories

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendy, N. (2005). Pengaruh Posisi Produk terhadap Keputusan Pembelian Toyota Kijang di PT Astra Internasional Auto 2000 Cabang Medan Gatot Subroto. Tesis. Ekonomi-S2, Sekolah Pascasarjana, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Flavius, J. (2012). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Suzuki FU pada PT Sinar Galesong Pratama Makassar. Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Hanggadhika, H. (2010). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Handphone Nokia di Semarang. Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Kartajaya, H. (2012). Hermawan Kartajaya on Positioning. Bandung: Mizan.

__________. (2013). New Wave Marketing: The World is Still Round, The Market is Already Flat. Jakarta: PT Gramedia.

__________, Yuswohady, Mussry, dan Taufik. (2014). Positioning, Differensiasi, dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, (online). (http://books.google.co.id/, diakses pada tanggal 18 Januari 2012).

Kasali, R.. (2013). Membidik Pasar Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Phillip. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I (edisi ke-12). Jakarta: PT Indeks.

___________. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid II (edisi ke 12). Jakarta: PT Indeks.

Mustikarilla, RN. (2011). Pengaruh Brand Image terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush pada PT. Hadji Kalla Makassar. Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Prasetya, F. (2011). Analisis Pengaruh Diferensiasi, Promosi, dan Positioning terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda di Semarang). Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Pratya Ariani, DP. (2010). Pengaruh Positioning Product terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Air Minum Dalam Kemasan Merek AQUA di Desa Randuagung Gresik. Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

Pretty. (2009). Pengaruh Strategi Positioning Pasar terhadap Keputusan Pembelian pada PT Rodaroda Global Otorindo Cabang Binjai. Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Prihartini, Y. (2008). Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Handphone Nokia. Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Widyatama, Bandung.

Ries, Al dan Jack Trout. (2001). Positioning: The Batle of Your Mind. New York: The McGraw-Hill, (online). (http://books.google.co.id/ diakses tanggal 18 Januari 2012).

Sitohang, BS. (2011). Analisis Keputusan Pembelian yang Dipengaruhi oleh Positioning dan Perceived Quality pada Produk Pembalut Wanita Merek Laurier (Studi Kasus Mahasiswa STIKES Elisabeth Medan). Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

_______. (2015). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprapti, L. (2010). Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Association dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Skripsi. Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.