PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT HERMINA SURAKARTA

Eva Trianingsih, Kim Budiwinarto

Abstract


In this study the authors have a goal to determine the influence of service quality and price on the inpatient satisfaction in Hermina Hospital of Surakarta, either partially or simultaneously. The data needed in this research is primary data obtained by questionnaire method from sample counted 383 respondents. Data analysis used in this research is multiple linear regression test, t test, F test and coefficient of determination. The results of data analysis in this study can be concluded that the service quality and price have significant influence on the inpatient satisfaction in Hermina Hospital of Surakarta, either partially or simultaneously

Full Text:

PDF

References


Azwar, A. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Dahlia. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Dr. H. Ibnu Sutowo Baturaja. Jurnal Manajemen Bisnis Unbara. Vol. 1 No. 2.

Draper, N.R, and Smith, H. (1992). Applied Regression Analysis. John Wiley & Sons, Inc. Terjemahan oleh Bambang Sumantri. Analisis Regresi Terapan. Edis Kedua. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Jakarta : Erlangga.

Netriadi, L., Salfadri, Firdaus, T.R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnsi). Vo. 3 No. 1.

Novitasari, M., & Suhardi, Y. (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Di Paviliun Kartika RSPAD Jakarta. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Nuraini. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Setyawati, W., Rifa’i, M., & Sasmito, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien (Studi di Klinik Rawat Jalan Nuurul Ichsan Pujon dan Klinik Intan Mandiri Malang). Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan. Vol. 10 No. 2.

Sudjana. (1992). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Edisi Ketiga. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Tanaka, I., & Darmawan, E. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Tarif Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi). Vol. 5 No. 3.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi II. Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

_________________ (2017). Srtagei Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

_________________ (2014). Manajemen Jasa. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yolanda, & Sumedi, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pasien Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pasien Rumah Sakit Islam Karawang. Jurnal Manajemen FE-UB. Vol. 6 No. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.