ANALISIS PERANAN HARGA, LOKASI, PSIKOGRAFIS, DAN SOSIAL BUDAYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. GUNUNG SUBUR SEJAHTERA DI KABUPATEN KARANGANYAR

Dewi Pujiani

Abstract


This research aims to determine the effect of price, place, psikografis, and social and cultural on purchasing decisions on PT. Gunung Subur Sejahtera consumers in Karanganyar Regency. This research is a correlational research using a survey method with a questionnaire instrument. The instrument validity value is 0.911 and the reliability is 0.954. The research subjects used were buyers of PT. Gunung Subur Sejahtera in Karanganya Regency, amounting to 50 people. The data analysis technique used the F test at the 5% level. The results showed that the significance test of the coefficients was carried out by consulting the calculated F value of 13,290 > F table (2.58) at the 5% significance level and Ry (x1.x2.x3.x4) = 0.736 > R(0.05)(18) = 0.243, meaning that the coefficient is significant. Thus the hypothesis which reads "analysis of price, place, psikografis, and social and cultural affect purchasing decisions can be accepted.

Keywords


Price, Location, Psikografis, Culture Social, Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gerry dan Kottler, Philip. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran jilid I. Edisi kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Fandy Tjiptono. 2007. Pemasaran Jasa. Bayumedia. Malang

Habibah. 2016. dalam Yuliani, M.P, 2021. Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.3 No. 2. 146-154.

Hakiki, Maryana Ayu. 2020. Penerapan Efektivitas Segmentasi Pasar terhadap Peningkatan Volume Penjualan UD. Bitang Timur di Desa Sumber Pakem Kecamatan Sumber Jambe Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Syari’ah. Vol. 1 No. 2. 148-160.

http://www.gss.co.id/id/tentang-kami/ (diakses pukul 13.00 WIB)

https://glints.com/id/lowongan/psikografis-adalah/#.YpR6DlRBzrc (diakses pukul 14.50 WIB)

https://penerbitbukudeepublish.com/materi/perubahan-sosial-budaya/ (diakses pukul 14.30 WIB)

https://www.kompasiana.com/jatisampurno/5eb01ad8d541df4d717eba92/segmentasi-psikografis-dalam-marketing (diakses pukul 01.30 WIB)

Hudani, Amalina. Analisa Penentu Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Produk Online

Kotler dan Keller dalam Daud, Zikriyatul Ulya, 2018. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Green Avina Birem Puntong Langsa Baro. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 7 No. 2. 174-183.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2012. Manajemen Pemasaran jilid II. Edisi ketigabelas. Erlangga. Jakarta.

Nugroho . J. Setiadi. 2010. dalam Pratama, Yuga. 2019. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 3 No. 1. 26-35.

Pramono, Tri Mukti Agung. Wijayantini, Bayu. Rozi, Akhmad Fahrur. 2012. Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Transportasi Online di Kabupaten Jember. 1-8.

Pratama, Yuga. 2019. Analisa Penentu Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Produk Online (Pada Masyarakat Jabodetabek). Jurnal Pemasaran Kompetitif . Vol. 3 No. 1. 26-35.

Riyono (2016) dalam Yuliani, M.P. dan Suarmanayasa, 2021. Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.3 No. 2. 146-154.

Rudi Haryadi. 2009. Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada The Body Shop Jakarta). Tesis : Universitas Diponegoro.

Rusydi Abubakar. 2005. Pengaruh Pelaksanaan Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Pada Jamu Di Banda Aceh. Jurnal Sistem Teknik Industri Vol. 6 No. 3.

Safira, Vivin, Sudiyarto. Widayanti, Sri. 2018 Analisis Segmentasi Pasar Demografis Produk Ssu Cair Kemasan Kotak (Studi Kasus Di Giant Hypermarket Maspion Surabaya). Jurnal Berkala Ilmiah Agribisnis Agridevina. Jurusan Agribisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Vol. 7 No.2. 170-179.

Sangadji dan Sopiah, 2013 dalam Yuliani, dkk., 2021. Pengaruh Harga dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia.

Septiyaningrum, Rury; Lau, Elfreda Aplonia; Yudhyani, Eka. 2010. Pengaruh Faktor Psikografis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Matahari Department Store Plaza Mulia Samarinda. Jurnal Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. 1-7.

Siti Fatonah dan Sigit R. Soebandiono. 2010. Analisis Faktor – faktor Marketing Mix Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Benih Jagung Hibrida Pioneer P21 Di Kabupaten Bantul. STIE ”AUB”. Surakarta.

Stanton, William J. 1996. Prinsip Pemasaran jilid I. Edisi ketujuh. Erlangga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.