PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM DENGAN IDENTITAS PSEUDONYM (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SECOND ACCOUNT DI FISIP UHAMKA)

vilya dwi agustini

Abstract


Penggunaan identitas di media sosial menjadi tiga, yaitu real life identity, pseudo identity dan new identity. Dari ketiga jenis identitas ini biasanya seseorang pengguna media sosial akan menampilkan identitas yang diinginkan pengguna. Second account merupakan akun kedua yang mana seseorang menampilkan identitas samar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan second account di instagram dengan identitas pseudonym/samaran yang mana akun utama tidak cukup menjadi tempat untuk bebas mengupload dan berekspresi sehingga munculah fenomena second account instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan identitas pseudonym di second account instagram untuk menyembunyikan identitas dari orang-orang yang tidak begitu dikenal karena second account diperuntukkan untuk teman dekat atau sahabat, menyimpan foto pribadi, spam foto atau video dan menghindari rasa insecure dalam mengunggah postingan.

Keywords


Second Account, Instagram, Identitas Pseudonym

Full Text:

PDF

References


Deddy, M. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Levy, Pierre. (2010). New Media Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J., 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Smith, A. J. (2005). Online Communication Lingking Technology, Identity & Culture. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Artikel dalam jurnal atau majalah:

Ayu Rahma Paramesti, R. P. (2022). Penggunaan Pseudonym di Second Account Instagram dalam Perspektif Etika Digital. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 2.

Muchamad Yulianto, S. B. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Jurnal Undip, 6(4), 490.

Rama Kertamukti, N. W. (2019). Kontruksi Identitas Melalui Stories Highlight Instagram Kalangan Kelas Menengah. Jurnal Aspikom, 4(1), 27.

Skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian

Primadina. (2020). Kontruksi Identitas Akun Pseudonym Di Instagram (Studi Kualitatif Pada Pengguna Second Account Instagram). Undergraduate thesis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Internet (artikel dalam jurnal online).

Data Reportal, 2023. Digital 2023: Indonesia (https://datareportal.com/essential-instagram), diakses 15 Maret 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v4i2.1192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.