Pengaruh Brand Ambassador NCT Dream dan Pesan Iklan Terhadap Brand Awareness Produk Skincare Somethinc Pada Followers Instagram @somethincofficial

Gava Ari Widosarvani

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh brand ambassador NCT Dream dan pesan iklan terhadap brand awareness produk skincare Somethinc pada followers Instagram @somethincofficial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model respon kognitif. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dimana pengumpulan dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah followers Instagram @somethincofficial yang berjumlah 1,3 juta, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador NCT Dream dan pesan iklan berpengaruh signifikan terhadap brand awareness produk skincare Somethinc pada followers Instagram @somethincofficial. Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6,505 dengan p-value sebesar 0,000 dengan < 0,05 maka H1 diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari brand ambassador terhadap brand awareness. Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 5,036 dengan p-value sebesar 0,000 dengan < 0,05 maka H2 diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari pesan iklan terhadap brand awareness. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,897 berarti 89,7% variabel brand awareness dipengaruhi oleh brand ambassador dan pesan iklan, sedangkan sisanya sebesar 10,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: brand ambassador, pesan iklan, brand awareness, instagram.

Keywords


Komunikasi; communication

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2012). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi ketujuh. Salemba. Empat. Jakarta.

Aaker, D. A. (2017). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Alih Bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Penerbit Mitra Umum.

Armstrong, G. and Kotler, P. 2009. Marketing an Introduction Ninth Edition. New Jersey: Pearson Education International.

Andina Nur Ramadhani, S. M. (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 11(3), 135-143.

Belch, George & Belch, Michael. 2001. Advertising and Promotion – An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hill/Irwin

Catherine Elfani Wijaya, N. L. (2021). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Awareness Tokopedia (Studi Kasus Iklan Tokopedia feat BTS Pada Masyarakat Kota Denpasar). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 1-7.

Celine Vivian, F. G. (2021). Brand Awareness Perempuan Pengguna Instagram dan Tiktok Terhadap Brand HurBy Sunny Dahye. Jurnal E-Komunikasi, 9(2), 1-12.

Devi Rizka Adriani, R. U. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Group Girl Twice Terhadap Brand Awareness Produk Face Care Scarlett. e-proceeding of Management, 9(2), 1026-1030.

Elliot, R. P. L. (2007). Strategic brand management. London: Oxford University Press.

Karim, A. (2019). dampak Tagline Iklan Versi "Axis Hits Bonus" Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi Pada Mahasiswa STIE Amkop Makassar). Movere Journal, 1(1), 1-13.

Lea-Greenwood, Gaynor. (2012) Fashion Marketing Communications Ebook. Somerset, NJ, USA: Wiley.

Rati Triana, S. E. (2022). Pengaruh Brand Ambassador 'STRAYKIDS' Dan E-WOM Terhadap Brand Awareness E-Commerce Shopee Di Kalangan Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 100-113.

Saleh, R. (2017). Pesan Iklan Dalam Membangun Merek. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 33-42.

Shimp, T. A, (2003), Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu Jilid 5, diterjemahkan oleh Revyani Syahrian dan Dyah Anikasari, Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v4i1.1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.