ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM FILM SANG PENARI

Mawar Amalia Salsabila, Jeratallah Aram Dani

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film Sang Penari” film ini memiliki makna dan tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Tujuan di buatnya penelitian ini adalah untuk mengethui makna atau tanda denotasi,konotasi dan mitos yang terkandung dalam film Sang Penari. Bagaimana pesan yang terkandung di dalam Film Sang Penari tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan dapat di apliksikan pada kehidupan sehari-hari yang mengacu pada realitas sosial di dalam masyarakat.
Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Roland Barthes dengan menganalisis melalui teknik sinematografi,lalu di maknai dengan denotatif konotatif dan mitos. Semiotika Roland Barthes mempunyai dua signifikasi,yang pertama denotatif yaitu makna awal atau makna paling nyata an tahap kedua yaitu konotasi yang nantinya akan diuraikan makna pesannya.
Hasil penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sehingga data tidak berupa angka-angka. Sebagai penelitian deskriptif, penelitian ini hanya menggambarkan situasi atau wacana, tidak mencari hubungan, dan tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Data tersebut termasuk dalam kategori substantif yang dimaknai dengan referensi, dan referensi ilmiah.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam film Sang Penari, dapat disimpulkan bahwa beberapa tanda konotatif denotatif dari film tersebut saling terkait mengikuti alur cerita dan memberikan makna pesan moral. pesan moral tentang kesetiaan,keikhlasan dan kebudayaan. Jika dilihat dalam film tersebut terdapat tanda-tanda tentang sifat negatif tentang adat yang dilakukan dalam film tersebut dan disertai emosional lalu tanda pesan moral kesetiaan dan kebudayaan ronggeng yang ingin terus di lestarikan serta keikhlasan. Pada dasarnya cerita di film ini sutradara ingin memunculkan pesan kesetiaan dan kebudayaan yang tidak boleh di tinggalkan oleh masyarakat seiring berjalannya waktu.

Keywords


Analisis Semiotika,Semiotika Roland Barthes,Film Sang Penari

Full Text:

PDF

References


Ambar. (2017, Juni 8). Teori Semiotika Roland Barthes. Retrieved Mei 10, 2020, from pakarkomunikasi.com: https://www.google.co.id/amp/s/pakarkomunikasi.com/teori-semiotika-roland-barthes/amp

Anggraini, M. (2020, November 26). Pengertian Biografi Hingga Ciri-cirinya, Lengkap dengan contoh teks. Retrieved November 30, 2020, from merdeka.com: https://www.merdeka.com/trending/pengertian-biografi-hingga-ciri-cirinya-lengkap-dengan-contoh-teks-kln.html?page=2

Aniklah, K. (2014). Strategi Manajemen Redaksi TV Melayu Pekanbaru Dlam Meningkatkan Kualitas Tayang Berita. Retrieved Desember 2020, 30, from Pekanbaru Universitas Islam Negeri Suska Riau: http://repository.uin-suska.ac.id/3689/

Effendi, M. S. (2006). Metode Penelitlan Survey. Jakarta: LP3ES.

Effendy, H. (2009). Mari Membuat film. Jakarta: Erlangga.

Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Ketiga. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Fitri, E. (2013). Studi Analisi Isi Kekerasan Terhadap Wanita Dalam Film Indonesia Bergenre Religi Tahun 2011. Retrieved Desember 2020, 30, from Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.: http://eprints.ums.ac.id/25674/

Joseph, D. (2011). Pusat Apresiasi Film Yogyakarta. Retrieved Desember 30, 2020, from Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta: http://e-journal.uajy.ac.id/821/

Kemenkumham. (2009). Undang-undang Perfilman Indonesia. Retrieved Mei 8, 2020, from www.bpi.or.id: https://www.bpi.or.id/doc/73283UU_33_Tahun_2009.pdf

Kurniawan. (2001). Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesia Tera.

Redhouse, T. (2017, Juni 3). Peran Art Department Saat Pembuatan Film . Retrieved Mei 8, 2020, from tumpi.id: https://tumpi.id/peran-art-departement-saat-pembuatan-film/

Resmadi, R. Y. (2017). Analisis Semiotika Film My Stupid Boss. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi (tidak di publikasikan).

Sobur, A. (2006). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2009). Analisis Teks Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soelarko, R. M. (1990). Komposisi Fotografi. Jakarta: Balai Pustaka.

Tampubolon, W. (2014). Framing dan Komposis. Retrieved Mei 10, 2020, from academia.edu: ttps://www.academia.edu/18314521/Framing_and_Komposisi

Utama, B. P. (2017). Representasi Nasionalisme dalam Film Biografi. Retrieved Desember 2020, 30, from Bandung: Telkom University: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/135374/representasi-nasionalisme-dalam-film-biografi-studi-analisis-semiotika-roland-barthes-mengenai-nasionalisme-dalam-film-jenderal-soedirman-.html

Wibowo, A. (2019). Pesan Moral Dalam Film Kau Adalah Aku Yang Lain. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi (tidak dipublikasikan).

Widiantoro, F. T. (2010). Film Laskar Pelangi. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi (tidak dipublikasikan).

Yuliani, T. P. (2013). Teknik Sinematografi Film Perahu Kertas. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi (idak dipublikasikan).




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v4i1.1346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.