STRATEGI PEMASARAN POLITIK PDIP UNTUK PASANGAN GANJAR PRANOWO-MAHFUD MD PADA PILPRES 2024 DI KOTA TANJUNGPINANG

Richart Bonar Sirait, Kustiawan Kustiawan, Siti Sarah Sihombing, Bunga Crysanda, Siti Maulina Nabila, Agung Catur Saputra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh partai PDI-P dalam mengenalkan pasangan Ganjar Pranowo- Mahfud MD di Kota Tanjungpinang kemudian peneliti menggunakan konsep teori 3p oleh AdmanNursal Dalam mengklasifikasikan kegiatan kampanye yang dilakukan oleh PDI-P. Metode yang dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu data primer dan sekunder, data primer diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan langsung di DPC partai PDI-P Kota Tanjungpinang, untuk data sekunder peneliti mendapatkan melalui data yang dihasilkan dari studi literatur. Hasil penlitian akan menunjukkan kegiatan kampanye partai PDI-P berdasarkan konsep teori 3p Oleh AdmanNurzal. Dari teori analisa yang dilakukan oleh peneliti, hasil wawancara terhadap informan, bentuk strategi yang paling dominan oleh DPC PDI-P Kota Tanjungpinang dalam melakukan pemasaran politik adalah push marketing. Pemasaran Politik yang sesuai dengan teori Push Marketing yang disebutkan oleh informan terdapat kegiatan berupa door to door yang hampir dilaksanakan di 18 kelurahan.


Keywords


Partai Politik, Strategi Politik, Teori 3p, PDI-P.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sampurna, Abdillah Taufiqurrohman, Andika Fadli Nasution, Nugi Lahuddini Pulungan, Yughni Faidah, Vania Daffa Yusriyah Daulay. "Konsep Dan Definisi Komunikasi Politik." Jurnal Pendidikan Tambusai , Volume 8 Nomor 2, 2024: 26774.

Darmawan, Aldi. Strategi partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ProvinsiLampung Dalam Pemeilihan Umum Tahun 2024 . Bandar Lampung

: Universitas Lampung, 2023.

Friyanti, Fiska. Pelaksanaan Pemilihan Umum Dalam Sejarah Nasional Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2005.

Glen Kevin Immanuel, Yusa Djuyandi. "Strategi Partai Golkar Dalam Pemilu 2024: Studi Kasus Airin Rachmi Diany Pada Dapil Banten III." Journal Of Political Issues, Volume 6, Nomor 1, 2024: 78.

Gunawan, Arry Bainus, Dan Caroline Paskarina. "Strategi Politik Koalisi Partai Dalam Pemenangan Paslon Kepala Daerah

: Studi Kasus Pada Pilkada Kabupaten Nagan Raya Tahun 2017."

Jurnal Politik Islam, volume 3, No. 1, 2020: 57.

Jofanny Budiman, H.H. Daniel Tamburian. "Komunikasi Politik MegawatiDalam Membangun Brand Image Partai." Koneksi E, Vol 2, No 2, 2018: 401-

Muhammad Habibi Putra Pratama, Erwan Efendi. "Strategi KomunikasiDigitalisasi Ganjar Pranowo Menuju Pilpres 2024." Medium, Vol. 12 No. 1, 2024:

-18.

Nanda Dwi Rizkia, Hasan Basri, Ni Putu Sinta Dewi, Falimu, Desi Asmaret, Hardi Fardiansyah, Ita Musfirowati Hanika, Yeyen Subandi, Dawami, Muhammad Muthahari Ramadhani. Marketing Polit. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.

Rifaldi Sahea, Burhan Niode,Trilke Tulung. "Analisis Strategi Poliitik SriWahyumi Maria Manalip Petrus Simon Tuange Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Taalaud Tahun 20223." Jurnal Jurusan Ilmu Pemrintahan , 2018: 3.

Sutrisno, Neneng Yani Yuningsih, Leo Agustino. "Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Niffenegger dan 3p Menurut Adman Nursal." jurnal Ilmu pemerintahan dan Sosial Politik, 6 (2), 2018: 109.

Sutrisno, Neneng Yani Yuningsih, Leo Agustino. "Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Niffenegger dan 3p Menurut Adman Nursal." Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA), 6 (2) (, 2018: 107.

Syaifudin, Ahmad Anif. "KOMUNIKASI PEMASARAN POLITIK (Studi atasStrategi Kampanye Politik Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Pilkada DKI Jakarta)." Jurnal Komunikasi & Bahasa, Volume 3, Nomor 2, 2022: 191-192.

Syaifudin, Ahmad Anif. "Komunikasi Pemasaran Politik (Studi atas Strategi Kampanye Politik Anies Baswedan dan Sandiaga Unopada Pilkada DKI Jakarta)." Jurnal Komunikasi & BahasaE-ISSN: 2723-7664Volume 3, Nomor 2, 2022: 193.

Darmawan, Aldi. Strategi partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Lampung Dalam Pemeilihan Umum Tahun 2024 . Bandar Lampung : Universitas Lampung, 2023.

Friyanti, Fiska. Pelaksanaan Pemilihan Umum Dalam Sejarah Nasional Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2005.

Jofanny Budiman, H.H. Daniel Tamburian. "Komunikasi Politik Megawati Dalam Membangun Brand Image Partai." Koneksi E, Vol 2, No 2, 2018: 401- 408.

Muhammad Habibi Putra Pratama, Erwan Efendi. "Strategi KomunikasiDigitalisasi Ganjar Pranowo Menuju Pilpres 2024." Medium, Vol. 12 No. 1, 2024:

-18.

Nanda Dwi Rizkia, Hasan Basri, Ni Putu Sinta Dewi, Falimu, Desi Asmaret, Hardi Fardiansyah, Ita Musfirowati Hanika, Yeyen Subandi, Dawami, Muhammad Muthahari Ramadhani. Marketing Polit. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.

Nauli, Bunga Putri. Hasil Pemilu 2024 : Dari Total 18 Parpol, 8 Parpol Lulus Ke DPR . Maret 21, 2024.

https://bandungbarat.bawaslu.go.id/berita/hasil- pemilu-2024-dari-total-18- parpol-8-parpol-lolos-ke-dpr (accessed Ooktober 18, 2024).

Rifaldi Sahea, Burhan Niode,Trilke Tulung. "Analisis Strategi Poliitik Sri Wahyumi Maria Manalip Petrus Simon Tuange Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Taalaud Tahun 20223." Jurnal Jurusan Ilmu Pemrintahan , 2018: 3.

Syaifudin, Ahmad Anif. "Komunikasi Pemasaran Politik (Studi atas Strategi Kampanye Politik Anies Baswedan dan Sandiaga Unopada Pilkada DKI Jakarta)." Jurnal Komunikasi & BahasaE-ISSN: 2723-7664Volume 3, Nomor 2, 2022: 193.

WEBSITE

Indonesia, Bbc News. bbc.com. April 21, 2023.

https://www.bbc.com/indonesia/articles/ckrk2ynv9npo#:~:text=Ketua%20U mum% 20DPP%20PDIP%2C%20Megawati%20Soekarnoputri%2C%20resmi%20 mengu mumkan,Partai%20Demokrasi%20Indonesia%20Perjuangan%20%28PDI P%29

%20menjelang%20Pemilu%202024. (accessed Oktober 26, 2024).

Nailufudar, Nibras Nada. Ini Hasil Rekapitulasi Suara Putaran Kedua Pilkada DKI Jakarta. 04 30,2017. https://megapolitan.kompas.com/read/2017/04/30/06030941/ini.hasil.rekap itulasi. suara.putaran.kedua.pilkada.dki.jakarta (accessed 10 31, 2024).

Nauli, Bunga Putri. Hasil Pemilu 2024 : Dari Total 18 Parpol, 8 Parpol Lulus Ke DPR . Maret 21, 2024.

https://bandungbarat.bawaslu.go.id/berita/hasil- pemilu-2024-dari-total- 18-parpol-8-parpol-lolos-ke-dpr (accessed Ooktober 18, 2024).

Shaidra, Aisha. tempo.co. Oktober 26, 2024. https://bisnis.tempo.co/read/1933366/pengamat-minta-prabowo-hentikan- bansos- warisan-jokowi?tracking_page_direct (accessed Oktober 26, 2024).




DOI: http://dx.doi.org/10.52429/progressio.v5i2.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.